Bali Bisa Bebas Covid-19 seperti Selandia Baru, Ini Penjelasan Sandiaga Uno

Aditya Pratama · Minggu, 03 Januari 2021 - 17:30:00 WIB
Bali Bisa Bebas Covid-19 seperti Selandia Baru, Ini Penjelasan Sandiaga Uno
Menparekraf Sandiaga Uno (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyebut pariwisata di Bali bisa lebih cepat pulih jika vaksinasi Covid-19 dilakukan merata. Bahkan, menurutnya Bali bisa menyerupai negara Selandia Baru yang saat ini bisa dikatakan bebas dari Covid-19.

"Jadi, kalau Bali dari total 4,36 juta populasinya, kalau kita dahulukan di Bali bisa 70 persen yang divaksin ini menjadi daerah yang seperti New Zealand sudah bisa dikunci," ujar Sandi dalam diskusi virtual “Vaksin & Kebangkitan Pariwisata Indonesia”, Minggu (3/1/2021).

Sandi menambahkan, wisatawan yang ingin berkunjung ke Bali harus dinyatakan bersih dari Covid-19 dengan cara melakukan serangkaian tes sebelum masuk ke pulau dewata.

"Jadi, mereka yang masuk ke Bali benar-benar harus dites dan Bali bisa seperti New Zealand sudah mampu untuk mengendalikan Covid-19," kata dia.

Sandi menyebut, jika hal ini bisa dilakukan maka akan memberikan dampak positif kepada 17 sektor ekonomi kreatif yang ada di Bali. Hal ini bisa kembali menciptakan lapangan pekerjaan dan keluar dari masa-masa sulit. 

"17 subsektor ekonomi kreatif bisa bangkit, menciptakan lapangan kerja, bisa menjadi pandemi winner," ucapnya.

Editor : Ranto Rajagukguk