Besok Aktif Bekerja, PNS yang Bolos Bisa Kena Sanksi

Isna Rifka Sri Rahayu ยท Rabu, 20 Juni 2018 - 15:15:00 WIB
Besok Aktif Bekerja, PNS yang Bolos Bisa Kena Sanksi
Ilustrasi. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) memastikan mulai besok seluruh layanan publik di instansi pemerintahan sudah bisa berjalan secara penuh. Hal tersebut seiring berakhirnya libur Lebaran 2018 yang sudah berjalan satu pekan lebih.

Menpan-RB Asman Abnur mengatakan mengingatkan kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk masuk kerja kembali pada esok hari seiring mulai normalnya aktivitas pascacuti bersama. Jangan sampai ada PNS yang melanggar disiplin dengan melakukan bolos kerja.

"Saya mengingatkan pada hari Kamis tanggal 21 Juni 2018, seluruh aparatur negara harus sudah masuk kerja seperti biasa. Saya percaya saudara-saudara akan menjaga disiplin dan mematuhi ketentuan tersebut," ujarnya melalui keterangan tertulisnya, Rabu, (20/6/2018).

Asman juga mengapresiasi segenap Aparatur Sipil Negara (ASN), Prajurit TNI dan Anggota Polri yang bertugas di tempat-tempat pelayanan umum saat pelaksanaan cuti bersama. Menurut dia, berkat jasa mereka, pelayanan publik bisa tetap berjalan meskipun tidak secara full bisa melayanio masyarakat.

"Pada saat yang lain sedang libur, saudara tetap bekerja melayani masyarakat. Terima kasih atas keikhlasan dan pengorbanan Saudara. Semoga mendapat balasan dari Allah SWT," ucapnya.

Selanjutnya, Asman mengimbau jajaran ASN untuk mensyukuri berbagai kebijakan pemerintah yang telah menyejahterakan aparatur negara seperti pemberian libur yang lebih lama hingga Tunjangan Hari Raya (THR) yang lebih besar manfaatnya. Salah satu cara bersyukurnya adalah dengan meningkatkan kinerja dan kualitas pelayanan publik.

"Semoga berbagai kebijakan yang telah ditetapkan Bapak Presiden Jokowi dalam rangka Idul Fitri tahun ini, dapat memacu semangat dan motivasi kita dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat," kata Asman.

Sementara itu, Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara Muhammad Ridwan meminta kepada seluruh pimpinan instansi untuk memantau bawahannya pada esok hari. Bahkan, dia meminta kepada pimpinan seluruh lembaga untuk memberikan sanksi tegas kepada bawahan yang berani untuk mangkir kerja.

Tujuannya adalah untuk memastikan tidak ada PNS yang bolos kerja pada esok hari. Menurut dia, tidak ada alasan bagi PNS untuk bolos kerja. Sebab, libur yang diberikan oleh pemerintah sudah cukup lama yakni sekitar hampir 10 hari.

"Sesuai SE Menpan RB nomor B/8/M.SM.00.01/2018, setiap Pimpinan Instansi agar melakukan pemantauan PNS pasca Cuti Bersama," ucapnya.

Editor : Ranto Rajagukguk