Cuaca Buruk, Target Produksi Garam Nasional 3,1 Juta Ton Sulit Tercapai 

Suparjo Ramalan · Selasa, 26 Januari 2021 - 22:18:00 WIB
Cuaca Buruk, Target Produksi Garam Nasional 3,1 Juta Ton Sulit Tercapai 
Kemenko Maritim menilai target produksi garam nasional sulit dicapai karena kondisi alam kurang mendukung akibat curah hujan tinggi. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) menargetkan produksi garam nasional pada 2021 mencapai 3,1 juta ton. Target itu sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Kemenko Marves 2020-2024. 

Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim Kemenko Marves, Safri Burhanuddin menyebut, realisasi target melalui program Flagship PRN Garam Industri Terintegrasi dan Sentra Ekonomi Garam Rakyat (SEGAR). Meski begitu, target itu dinilai sulit dicapai karena kondisi alam kurang mendukung akibat curah hujan tinggi. 

“Target kita 2021 itu 3,1 juta ton, tetapi melihat angka di tahun sebelumnya, paling tidak bisa mencapai 2,5 juta untuk produksi kebutuhan garam nasional. Untuk mencapai angka tersebut, paling tidak kita harus konsisten untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas dari garam nasional ini,” ujarnya, Selasa (26/1/2021).  

Upaya meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi garam, pemerintah mencatat perlunya strategis khusus. Terkait hal itu, Kemenko Marves bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) telah menyusun strategi tersebut.  

Kemenko Marves bertanggung jawab pada proses ekstensifikasi lahan garam dengan rencana beberapa tempat, seperti Teluk Kupang, Malaka, Nagekeo, Timor Tengah Selatan, dan Sumbawa. Kemudian KKP melalui Program Usaha Garam (PUGAR) dan SEGAR fokus pada intensifikasi lahan dan pengolahan garam.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2