Ditangkap KPK, Menteri Edhy Prabowo Punya Harta Kekayaan Rp7,4 Miliar

Djairan ยท Rabu, 25 November 2020 - 09:07:00 WIB
Ditangkap KPK, Menteri Edhy Prabowo Punya Harta Kekayaan Rp7,4 Miliar
Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo. (Foto: iNews.id/Muhammad Aulia)

JAKARTA, iNews.id - Edhy Prabowo, Menteri Kelautan dan Perikanan ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Penangkapan dilakukan di Bandara Soekarno-Hatta terkait ekspor benih lobster.

Dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dikutip Rabu (25/11/2020), Edhy melaporkan kekayaan sebesar Rp7,4 miliar. Dia terakhir kali menyampaikan laporan pada 31 Desember 2019 dalam kapasitasnya sebagai menteri.

Berikut daftar harta kekayaan Edhy Prabowo:

1. Tanah dan Bangunan

Edhy mempunyai aset properti berupa bidang tanah dan bangunan senilai Rp4,35 miliar. Tercatat, ada sepuluh aset yang seluruhnya merupakan hasil sendiri.

Edhy memiliki tujuh bidang tanah berada di Kabupaten Muara Enim, Sumatra Selatan dengan luas antara 200-300 meter persegi. Tiga aset properti lainnya merupakan tanah dan bangunan di Bandung (satu) dan Kabupaten Bandung Barat (dua).

2. Alat Transportasi dan Mesin

Harta bergerak berupa alat transportasi dan mesin, total yang dimiliki Edhy tercatat Rp890 juta. Rinciannya, dua unit mobil, dua unit motor, satu sepeda, dan satu genset.

Kendaraan roda empat paling mahal yang dipunyai Edhy yakni mobil Mitsubishi Pajero Sport Jeep keluaran 2017 senilai Rp500 juta. Lalu kendaraan dengan nilai terendah yang dilaporkan yaitu Yamaha RX-King tahun 2002 senilai Rp4 juta

3. Harta Bergerak lainnya, Kas dan Setara Kas serta Harta Lainnya

Aset lain yang dilaporkan Edhy yakni berupa harta bergerak lainnya sebesar Rp1,92 miliar. Tidak ada rincian untuk kategori harta ini. Kemudian Edhy juga memiliki harta berupa kas dan setara kas sebesar Rp256 juta.

4. Utang

Dalam laporan LHKPN tersebut, Edhy tak memiliki utang.

Editor : Rahmat Fiansyah