Fakta-Fakta Bantuan Tunai bagi Karyawan Gaji di Bawah Rp5 Juta

Suparjo Ramalan ยท Jumat, 07 Agustus 2020 - 06:25:00 WIB
Fakta-Fakta Bantuan Tunai bagi Karyawan Gaji di Bawah Rp5 Juta
Pemerintah akan memberikan bantuan tunai bagi karyawan yang memiliki gaji di bawah Rp5 juta per bulan.

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah akan memberikan bantuan tunai bagi karyawan yang memiliki gaji di bawah Rp5 juta per bulan. Mereka nantinya memperoleh 'gaji' tambahan dari pemerintah di tengah pandemi Covid-19.

Kebijakan tersebut sejauh ini baru tahap rencana, sehingga belum ada payung hukumnya. Namun, sejumlah pejabat sudah membocorkan isi dari kebijakan tersebut mulai dari kriteria penerima hingga nilai anggaran yang dikeluarkan.

Berikut fakta-fakta bantuan sosial bagi karyawan di bawah Rp5 juta:

1. Besaran Rp600.000 per Bulan

Sama seperti bansos Covid-19 lainnya, besaran bansos untuk karyawan diberikan sebesar Rp600.000 per bulan. 'Gaji' tambahan tersebut diberikan untuk menjaga daya beli masyarakat.

2. Cair Mulai September, Ditransfer Setiap 2 Bulan

Bansos tersebut rencananya dicairkan mulai September 2020 selama empat bulan hingga akhir tahun ini. Namun, pencairan dilakukan setiap dua bulan sekali masing-masing Rp1,2 juta (September dan November) langsung ke rekening penerima.

3. Bukan untuk PNS atau Pegawai BUMN

Pemerintah memastikan bantuan tunai hanya untuk pekerja swasta. Dengan kata lain, PNS, TNI/Polri, hingga pegawai BUMN tidak boleh mendapatkan bantuan itu.

4. Pekerja Informal Belum Jelas

Bantuan tersebut dipastikan akan diberikan untuk pekerja formal dengan basis data BPJS Ketenagakerjaan berupa nilai iuran di bawah Rp150.000 per bulan. Untuk pekerja informal, nasibnya belum jelas karena pemerintah kesulitan mencari data.

5. Anggaran Rp33,1 Triliun

Pemerintah mengalokasikan anggaran Rp33,1 triliun yang bersumber sepenuhnya dari APBN. Anggaran sebesar itu akan diberikan bagi 13,8 juta pekerja dengan alokasi Rp2,4 juta per orang.

Editor : Rahmat Fiansyah