Hari Perhubungan Nasional, Menhub Kenang Jasa Habibie di Industri Transportasi

Isna Rifka Sri Rahayu ยท Jumat, 13 September 2019 - 11:55 WIB
Hari Perhubungan Nasional, Menhub Kenang Jasa Habibie di Industri Transportasi

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (Foto: iNews.id/Isna Rifka)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Perhubungan menggelar Indotrans Expo 2019 untuk memperingati Hari Perhubungan Nasional selama 13-15 September 2019. Sebelum membuka acara Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengajak peserta untuk mengirimkan doa untuk Presiden ke-3 Indonesia Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie.

Menhub mengatakan, Habibie selama hidupnya telah banyak berjasa di sektor transportasi. Pasalnya, sebagai lulusan teknik mesin, Habibie telah lama memberikan kontribusi nyata terutama di dunia penerbangan.

"Marilah kita mengenang jasa Presiden RI ke-3 yang telah berpulang mendahului kita. Seperti diketahui begitu banyak dan besar jasa beliau terhadap kemajuan bangsa Indonesia khususnya pada perkembangan industri transportasi seperti pesawat, kereta api," ujarnya di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (13/9/2019).

Dia pun mengutip ucapan Habibie. “Di mana pun engkau berada teruslah jadi terbaik, dan berikan yang terbaik dari yang kalian bisa berikan,” katanya. 

Hal inilah yang dia harapkan dijadikan pedoman oleh seluruh pegawai Kementerian Perhubungan. "Itu jadi semangat taulandan bagi insan perhubugan berikan yang terbaik bagi bangsa indonesia tanpa peduli usia di mana pun kita berada," kata dia.

Seiring dengan hal tersebut, lanjutnya, Hari Perhubungan Nasional ini menjadi momentum Kemenhub untuk merefleksikan kembali kontribusi apa lagi yang bisa dilakukan agar bisa terus melayani masyarakat di bidang transportasi. Sebab, tanpa transportasi akan sulit menghubungkan penduduk Indonesia yang terpisah ribuan pulau.

"Hari Perhubungan Nasional jadi momentum bagi Insan Perhubungan untuk berintrospeksi bukan hanya melihat apa saja yang kita berikan tapi apa aja yg dibutuhkan bangsa Indonesia sehingga kita menjadi lebih kreatif dan bermanfaat bagi bangsa," ucapnya.

Acara ini resmi dibuka oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla dan dihadiri oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan. Kegiatan Indotrans Expo 2019 ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Peringatan Hari Perhubungan Nasional Tahun 2019 yang diselenggarakan sebagai salah satu upaya pemberian informasi kepada masyarakat tentang perkembangan infrastruktur, sarana  prasarana dan SDM terkait transportasi di Indonesia.   


Editor : Ranto Rajagukguk