Hindari Kerugian, Proyek LRT Jakarta Disarankan Tak Dilanjutkan

Suparjo Ramalan · Sabtu, 23 Januari 2021 - 19:07:00 WIB
Hindari Kerugian, Proyek LRT Jakarta Disarankan Tak Dilanjutkan
Pro dan kontra ihwal Angkutan umum Light Rail Transit (LRT) Jakarta masih terus mengemuka. (Foto: iNews.id/Yudistiro Pranoto)

JAKARTA, iNews.id - Pro dan kontra ihwal Angkutan umum Light Rail Transit (LRT) Jakarta masih terus mengemuka. Pengamat kebijakan publik Agus Pambagio kembali melontarkan kritikannya terhadap operasional LRT Jakarta rute Kelapa Gading-Velodrome (fase satu) dan rencana pembangunan rute Velodrome-Dukuh Atas (fase dua).

Bahkan, megaproyek Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta digadang-gadang mangkrak karena persoalan pendanaan dan ketidakjelasan kajian akademiknya. Penilaian itu ditujukan untuk rencana pembangunan lanjutan LRT Jakarta. "Bisa dikatakan bakal mangkrak begitu? Ya anda yang bilanglah, begitu," ujarnya saat dihubungi, Sabtu (23/1/2021).

Agus menilai, Pemprov DKI akan mengalami kerugian bila proyek tersebut dilanjutkan. Penilaian itu didasari pada minimnya minat masyarakat yang menggunakan LRT Jakarta.

"Mendingan tidak dilanjutkan, kalau dilanjutkan tambah rugi toh. Itu mau kemana jalannya, kalau LRT Jabodetabek jadi, itu mau ke arah mana? Yang mau naik siapa?" katanya. 

Dia bilang, sejak awal pembangunan LRT Jakarta tahap satu tidak cukup efektif. Sebab, megaproyek itu dinilai minim peminat. Ada sejumlah pertimbangan yang memungkinkan kereta api ringan itu tidak perlu dibangun, salah satunya posisi jalur LRT yang menghubungkan Kelapa Gading-Velodrome.

Editor : Ranto Rajagukguk

Halaman : 1 2