Inflasi Inggris di Bawah Ekspektasi, Turun Jadi 9,9 Persen, Apa Penyebabnya?

Dinar Fitra Maghiszha · Kamis, 15 September 2022 - 06:42:00 WIB
Inflasi Inggris di Bawah Ekspektasi, Turun Jadi 9,9 Persen, Apa Penyebabnya?
Inflasi Inggris di bawah ekspektasi, turun jadi 9,9 persen, apa penyebabnya?. Foto: Reuters

LONDON, iNews.id - Inflasi Inggris melambat pada Agustus 2022. Kantor Statistik Nasional (ONS) melaporkan, inflasi Inggris turun menjadi 9,9 persen pada bulan lalu. 

Angka inflasi tersebut di bawah perkiraan para ekonom sebesar 10,2 persen. Selain itu, juga di bawah Juli, yang sebesar 10,1 persen. 

Secara bulanan, inflasi naik 0,5 persen, di bawah perkiraan. Inflasi inti, tidak termasuk energi yang mudah menguap, makanan, alkohol, dan tembakau naik 0,8 persen secara bulanan dan 6,3 persen secara tahunan. 

Adapun penyebab menurunnya inflasi Agustus karena turunnya harga bahan bakar, meski harga bahan pangan terus naik karena krisis biaya hidup Inggris terus berlanjut. 

"Penurunan harga bahan bakar kendaraan memberikan kontribusi penurunan terbesar terhadap perubahan tingkat inflasi tahunan CPIH dan CPI antara Juli dan Agustus 2022. Kenaikan harga pangan menjadi kontribusi kenaikan (inflasi) terbesar, sebagian mengimbangi, ke atas terhadap perubahan tarif," kata ONS dalam laporannya, dikutip dari CNBC International, Kamis (15/9/2022).

Inggris telah dilanda krisis biaya hidup bersejarah tahun ini karena harga pangan dan energi meroket dan kenaikan gaji gagal mengimbangi inflasi. Ini telah menyebabkan salah satu penurunan paling tajam dalam catatan upah riil.

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda