Kemenkeu Terus Kaji Rencana Naikkan Pajak Orang Kaya Jadi 35 Persen

Rina Anggraeni · Sabtu, 05 Juni 2021 - 06:55:00 WIB
 Kemenkeu Terus Kaji Rencana Naikkan Pajak Orang Kaya Jadi 35 Persen
Pajak. (Foto: ilustrasi/Americans for Prosperity)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terus mengkaji kemungkinan penambahan tarif Pajak Penghasilan (PPh) bagi orang kaya menjadi 35 persen. 

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu, Febrio Nathan Kacaribu, mengatakan pihaknya memang tengah mengkaji penambahan tarif PPh orang pribadi (OP) dengan besaran hingga 35 persen. 

"Ini kan masih proses pembahasan mungkin itu kenapa kita belum bisa ceritakan detil nanti kalau sudah mulai ada detil yang kita share bisa kita sampaikan," kata Febrio dalam video virtual, Jumat (4/6/2021).

Dia mengungkapkan, pemerintah terus melakukan analisis mendalam dalam melaksanakan kebijakan reformasi perpajakan. Adapun, setiap perubahan kebijakan perpajakan juga mempertimbangkan dampaknya terhadap perekonomian.

Apalagi, lanjutnya, reformasi perpajakan di tengah pandemi Covid-19 juga cocok digabungkan dalam konteks konsolidasi fiskal. 

Terkait dengan itu, pemerintah akan berupaya menaikkan penerimaan pajak sehingga defisit APBN dapat kembali di bawah 3% pada 2023.

"Reformasi perpajakan ini kami tidak bisa melakukan sendiri, tapi kami lakukan dengan best practices seluruh dunia," ujar Febrio.

Dia menambahkan penerapan pajak pertambahan nilai (PPN) atas perdagangan melalui sistem elektronik (PMSE) yang berlaku saat ini menjadi contoh respons kebijakan perpajakan Indonesia terhadap struktur ekonomi yang bergeser ke arah digital.

"Reformasi perpajakan ini pasti kita lakukan analisi yang emndalam jadi kalau ada perubahan itu arahnya kemana pasti dampaknya ke perekonomian," tutur Febrio.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda