Masuk Daftar Bandara Tersibuk di Dunia, Bandara Soekarno-Hatta Kalahkan Changi

Rahmat Fiansyah ยท Kamis, 19 September 2019 - 09:40 WIB
Masuk Daftar Bandara Tersibuk di Dunia, Bandara Soekarno-Hatta Kalahkan Changi

Bandara Soekarno-Hatta kini sudah dilengkapi kereta api bandara. (Foto: Humas AP II)

TANGERANG, iNews.id - Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) masuk daftar 20 bandara tersibuk di dunia. Bandara terbesar di Tanah Air bahkan mengalahkan Bandara Changi Singapura.

Airport Council International (ACI) menyatakan, Bandara Soetta berada di posisi ke-18 dari sisi jumlah penumpang pada tahun lalu. Sementara Bandara Changi berada di posisi 19.

"Di kawasan ASEAN hanya ada dua bandara yang berada di peringkat 20 besar. Selain Soekarno-Hatta di peringkat ke-18, ada Changi di posisi ke-19," kata VP Corporate Communications PT Angkasa Pura II (Persero), Yado Yarismano melalui keterangan resmi, Kamis (19/9/2019).

BACA JUGA:

Runway 3 Beroperasi November, Bandara Soetta Bisa Didarati 100 Pesawat per Jam

Terbesar di Indonesia, Terminal 4 Bandara Soetta Masuk Tahap Penetapan Desain

Yado mengatakan, sepanjang 2018, jumlah penumpang Bandara Soetta mencapai 66,9 juta orang. Angka tersebut tumbuh 6,2 persen dibanding tahun sebelumnya.

Dia menyebut, sebagai salah satu kebanggaan bangsa, Bandara Soetta terus berupaya memperluas konektivitas penerbangan. Ini diwujudkan dengan kehadiran Terminal 3 yang beroperasi pada tahun 2017.

Bandara Soetta, kata Yado memiliki dua rute internasional tersibuk di dunia yaitu rute Singapura dan Kuala Lumpur. Berdasarkan riset OAG, rute Jakarta-Singapura sepanjang Maret 2018-Februari 2019 menjadi rute internasional tersibuk ketiga di dunia dengan 27.046 penerbangan.

"Sementara itu, rute Jakarta-Kuala Lumpur berada di peringkat ke-5 rute tersibuk di dunia dengan 19.741 penerbangan," tuturnya.

Selain itu, rute domestik ke Surabaya, Bali dan Makassar juga menjadi yang tersibuk di dunia. Rute Jakarta-Surabaya berada di peringkat 8 (37.762 penerbangan), Jakarta-Denpasar peringkat 14 (31.958 penerbangan), dan Jakarta-Makassar peringkat 18 (28.903 penerbangan).

Saat ini, Bandara Soetta memiliki tiga terminal yang mampu melayani penumpang hingga 200 ribu per hari. Untuk memenuhi tingginya permintaan, AP II juga tengah merevitalisasi Terminal 1 dan 2 sehingga kapasitas tampung kedua terminal itu meningkat menjadi 40 juta penumpang.

Dengan kapasitas Terminal 3 yang mencapai 25 juta penumpang, maka bandara ini nantinya bisa menampung hingga 65 juta penumpang. Jumlah itu belum termasuk rencana pembangunan Terminal 4 pada 2021 yang diperkirakan bisa menampung 45 juta penumpang.

Selain terminal, Yado menyebut, Bandara Soetta dalam waktu dekat juga akan mengoperasikan secara penuh landasan pacu (runway) 3 dan east connecting taxiway, sehingga kapasitas landing dan take-off pesawat bisa meningkat.


Editor : Rahmat Fiansyah