Menko Airlangga: ASEAN Sepakat Selesaikan Perundingan Integrasi Ekonomi Kawasan

Antara ยท Sabtu, 27 Juni 2020 - 06:47 WIB
Menko Airlangga: ASEAN Sepakat Selesaikan Perundingan Integrasi Ekonomi Kawasan

Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengemukakan negara anggota ASEAN sepakat menyelesaikan perundingan RCEP untuk meningkatkan integrasi ekonomi di kawasan. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengemukakan negara anggota ASEAN sepakat menyelesaikan perundingan Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP). Langkah ini untuk meningkatkan integrasi ekonomi di kawasan.

"Negara anggota ASEAN berkomitmen menyelesaikan perundingan RCEP untuk meningkatkan integrasi ekonomi di kawasan. Masukan dari pelaku bisnis, seperti yang ditunjukkan ASEAN-BAC, sangat diperlukan untuk meningkatkan pemanfaatan RCEP bagi ekonomi kawasan," ujar Airlangga dalam keterangannya dilansir Sabtu (27/6/2020).

Menko Airlangga mengikuti Pertemuan Leaders Interface with Representatives from ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC) melalui telekonferensi didampingi Menteri Perdagangan Agus Suparmanto dan perwakilan ASEAN-BAC Indonesia.

Pertemuan yang termasuk dalam rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-36 pada 22-26 Juni 2020 ini dilaksanakan untuk meningkatkan sinergi pemerintah dan sektor swasta dalam merumuskan strategi penanganan dampak pandemi Covid-19 dan menyusun rencana pemulihan ekonomi.

Menko Airlangga mengatakan penyelesaian RCEP merupakan salah satu strategi di kawasan, selain kerja sama ekonomi digital dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), untuk mengantisipasi gejolak ekonomi lebih buruk dalam masa seperti ini.

Dalam pertemuan itu, dia menyebutkan, pemanfaatan ekonomi digital sudah menjadi realitas ekonomi, sehingga pemanfaatan perdagangan berbasis elektronik atau e-commerce harus didorong untuk meningkatkan daya saing.

Selain itu, menurut Airlangga, operasionalisasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) maupun kemampuan SDM juga harus dimaksimalkan untuk menghadapi revolusi industri 4.0 dan berbagai tantangan perekonomian nasional ke depan.

Indonesia juga berharap rencana pembentukan ASEAN High Level Special Commission on Covid-19 Response and Economic Recovery (AHLSC) oleh ASEAN-BAC dapat memberikan rekomendasi bagi pemerintah negara anggota ASEAN dalam upaya pemulihan kesehatan, sosial dan ekonomi.

Editor : Dani Dahwilani