Menko Perekonomian Dorong Kalteng Jadi Lumbung Pangan Nasional

Antara ยท Sabtu, 27 Juni 2020 - 22:25 WIB
Menko Perekonomian Dorong Kalteng Jadi Lumbung Pangan Nasional

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mendorong Kalimantan Tengah (Kalteng) sebagai lumbung pangan nasional. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mendorong Kalimantan Tengah (Kalteng) sebagai lumbung pangan nasional. Dia menilai pemilihan Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas, sangat tepat menjadi lumbung pangan (Food Estate).

"Tidak salah pemerintah mendorong Kalteng, khususnya Pulang Pisau bersama Kapuas menjadi lumbung padi nasional," ujarnya, Sabtu (27/6/2020).

Dia menjelaskan, pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan kabupaten sudah melaksanakan rapat terkait rencana pelaksanaan program tersebut.

Memasuki era tatanan kehidupan baru (New Normal), pemerintah memutuskan langsung menuju Pulang Pisau dan Kapuas, untuk melihat kondisi lahan secara langsung.

"Kami ke sini karena ingin merekomendasikannya kepada Presiden untuk datang ke sini. Hingga nantinya presiden mencanangkan lumbung beras nasional 'food estate' untuk Indonesia ada di Kalteng," katanya.

Airlangga mengungkapkan, pihaknya bersama kementerian lain sering melihat pemetaan di lapangan, namun rasanya berbeda jika melihat hamparan padi yang ada secara langsung.
"Melihat hamparan padi yang ada ini secara langsung, memberi percaya diri kepada pemerintah bahwa ini pilihan tepat," ujarnya.

Editor : Dani Dahwilani