Menpan RB Pastikan Seleksi CPNS 2018 Gunakan Sistem Rangking

Okezone ยท Rabu, 21 November 2018 - 14:55:00 WIB
Menpan RB Pastikan Seleksi CPNS 2018 Gunakan Sistem Rangking
Ilustrasi. (Foto: Setkab)

JAKARTA, iNews.id – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Syafrudin menegaskan telah memutuskan jalan keluar dari rendahnya tingkat kelulusan seleksi kemampuan dasar (SKD) dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018.

“Kita tidak berorientasi pada passing grade tapi berorientasi pada rangking,” kata Menpan RB di Istana Bogor, Rabu (21/11/2018).

Menurut dia, hal ini diputuskan demi menaikkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) pegawai negeri sipil (PNS) di Indonesia. “Jadi. kalau kita passing grade kita jatuhkan. (Kualitas) SDM aparatur nanti kembali mundur. Kita ingin maju,” tutur dia.

Dia melanjutkan, dalam rapat terbatas yang digelar Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Bogor pagi ini, membahas mengenai kualitas SDM. “Ini rapat kabinet membahas bagaimana meningkatkan SDM Indonesia yang unggul. Jangan sampai ini dibahas mundur karena itu kita kembali ke sistem ranking saja,” tegas dia.

Lalu, bagaimana mekanisme sistem rangking tersebut? “Saya kasih contoh. Kebutuhan di salah satu kementerian/lembaga A misalnya butuhnya 100. Karena ini kan baru tes awal. Tentu kita mencari tiga kali lipat dari 100 itu, Jadi berarti ranking 1-300. Itu yang akan masuk seleksi tahap kedua,” tuturnya.

“Jadi (dari) tiga akan dipilih satu. Kira-kira begitu jalan keluar yang terbaik. Tapi tidak menurunkan grade,” Menpan RB menambahkan.

Soal transparansi, dia mengaku tidak perlu dikhawatirkan. Pasalnya, pihak penyelenggara mengantongi nilai tiap peserta. “Oh tahu (nilai masing-masing peserta). Kalau Anda enggak tahu, kalau yang tes tahu,” jelas dia.

Seperti diketahui, angka kelulusan SKD pada CPNS 2018 masih sangat amat rendah. Bahkan angka kelulusan SKD CPNS 2018 di bawah dari angka kelulusan pada tahun lalu.

Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, berdasarkan data hasil tes SKD, peserta yang lulus passing grade di bawah 10 persen. Data yang masuk hingga saat ini sendiri baru sekitar 60 persen.

Angka tersebut berbanding terbalik dengan angka kelulusan pada tahun lalu. Menurut Setiawan, angka kelulusan pada CPNS 2017 mencapai 20 persen. Artinya jika melihat data tersebut, angka tersebut masih memenuhi syarat untuk lanjut ke Seleksi Kompetensi Bidang yakni tiga kali formasi. Seperti diketahui, dalam Permenpan 20 tahun 2017, dalam aturan tersebut bilang jumlah peserta yang berhak mengikuti SKB adalah 3 kali formasi dari masing-masing jabatan yang dilamar. (Fakhrizal Fakhri)

Editor : Ranto Rajagukguk

Bagikan Artikel: