Pandemi Corona, Tjahjo Kumolo Pastikan PNS Tetap Pindah ke Ibu Kota Baru

Djairan ยท Senin, 22 Juni 2020 - 19:21 WIB
Pandemi Corona, Tjahjo Kumolo Pastikan PNS Tetap Pindah ke Ibu Kota Baru

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo. (Foto: Kemenpan RB).

JAKARTA, iNews.id - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo memastikan aparatur sipil negara (ASN) di Kementerian dan Lembaga (K/L) pusat tetap akan dipindahkan ke Ibu Kota baru di Kalimantan Timur. Hal ini sebagai upaya untuk mendorong pemerataan wilayah, khususnya di Indonesia timur.

Meski pemerintah tengah fokus menangani dampak pandemi Covid-19, dia optimistis Pegawai Negeri Sipil (PNS) pemerintah pusat akan bisa pindah Ibu Kota baru setidaknya pada 2024. "Perihal ASN di tingkat kementerian/lembaga pusat yang akan ditempatkan di Ibu Kota baru nanti, saya tetap optimis di tahun 2024 sudah bisa terlaksana, dengan berbagai tantangan dan permasalahan yang kita hadapi di tengah pandemi Covid-19 ini,” ujar Tjahjo saat diskusi publik di Jakarta, Senin (22/6/2020).

Untuk merealisasikan hal tersebut, Tjahjo telah menyiapkan serangkaian roadmap agar pemindahan ASN tersebut bisa terlaksana. "Di sisi lain, kami sudah mempersiapkan sebuah roadmap untuk rencana perpindahan ASN di tingkat kementerian/lembaga di ibu kota baru nanti," kata dia.

Sebelumnya, pada awal 2020, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menugaskan Kemenpan-RB untuk membuat roadmap atau peta jalan pemindahan ASN tersebut. Hal ini dibuat agar target operasional pemerintahan itu benar-benar bisa berjalan di 2024.

Perihal anggaran biaya untuk hal tersebut, sudah diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 113 tahun 2012 tentang perjalanan dinas dalam negeri bagi pejabat negara, pegawai negeri, dan pegawai tidak tetap. Aturan itu telah menjamin biaya transportasi pegawai, keluarga (istri/suami dan anak), biaya pengemasan dan angkutan barang, serta uang harian.    

Editor : Ranto Rajagukguk