Pengaduan Konsumen Jasa Finansial 2019 Tinggi, YLKI: Pengawasan OJK Lemah
Selasa, 14 Januari 2020 - 14:15:00 WIB
"Padahal hal tersebut sangat penting agar konsumen mengetahui product knowledge dari produk finansial tersebut," ucap Tulus.
Dari data yang dihimpun YLKI, ada lima besar jumlah pengaduan terkait permasalahan bank yang menempati urutan atas, yakni gagal bayar, dana hilang dan restrukturisasi 15,09 persen, administrasi 14,15 persen, dan cara penagihan 11,32 persen.
Sementara itu mengenai permasalahan pinjaman online, pengaduan mengenai cara penagihan sebesar 39,5 persen, lalu pengalihan kontak dan permohonan reschedule 14,5 persen, suku bunga 13,5 persen, administrasi 11,4 persen dan penagihan oleh pihak ketiga 6,2 persen.
Editor: Ranto Rajagukguk