Peringkat Global Islamic Indicator Naik, Mimpi Indonesia Jadi Produsen Halal Dunia Makin Dekat

Giri Hartomo · Selasa, 17 November 2020 - 22:11:00 WIB
Peringkat Global Islamic Indicator Naik, Mimpi Indonesia Jadi Produsen Halal Dunia Makin Dekat
Indonesia menduduki peringkat ke-4 dalam Global Islamic Indicator diharapkan menjadikan produsen halal dunia. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Di tengah pandemi Covid-19, kabar gembira diterima Indonesia. Di mana Indonesia menduduki peringkat ke-4 dalam Global Islamic Indicator. 

Berdasarkan Data The State of The Global Islamic Economy Report (SGIE Report) 2020-2021 mencatat pada 2020 Indonesia naik satu peringkat. Pada tahun sebelumnya Indonesia menduduki posisi ke-5 dan posisi ke-10 di tahun sebelumnya. 

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengatakan, keberhasilan ini harus dijadikan motivasi untuk semakin memperkuat ekosistem ekonomi Islam di Indonesia, sehingga bisa menjadi produsen halal dunia.

“Kenaikan peringkat ini harus kita maknai dengan tetap melanjutkan dan memperkokoh ekosistem ekonomi Islam Indonesia sehingga dapat menjadikan Indonesia sebagai produsen halal dunia dan penggerak ekonomi nasional,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (17/11/2020). 

Wapres menuturkan, capaian ini dapat diraih karena adanya kerja keras bersama seluruh pemangku kepentingan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia. Selain itu, adanya dukungan dan komitmen dari pemimpin tertinggi di Indonesia. Wapres pun optimistis ini dapat mendorong pulihnya perekonomian nasional pascapandemi Covid-19.

“Capaian ini memberikan optimisme untuk menggerakkan ekonomi Islam baik secara global maupun nasional. Diperkirakan beberapa sektor ekonomi Islam akan mengalami pemulihan kembali di akhir tahun 2021 bahkan mungkin bisa terjadi lebih cepat dari yang diperkirakan,” katanya

Menurut Ma'ruf, capaian ini diharapkan bisa menjadi penyemangat bagi seluruh pihak. Pengembangan ekonomi dan keuangan syariah bisa digenjot lebih cepat lagi. 

“Saya berharap, capaian ini juga akan menjadi penyemangat bagi seluruh pemangku kepentingan dalam merealisasikan berbagai program pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia,” ujarnya.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2