Peserta CPNS Diharuskan Daftar Ulang SKB, Batas Waktu Hanya Sepekan

Dita Angga ยท Minggu, 02 Agustus 2020 - 18:01 WIB
Peserta CPNS Diharuskan Daftar Ulang SKB, Batas Waktu Hanya Sepekan

Peserta CPNS tahun 2019 yang telah lolos seleksi kompetensi dasar (SKD) Maret lalu diminta untuk mendaftar ulang seleksi kompetensi bidang (SKB). (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Peserta calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2019 yang telah lolos seleksi kompetensi dasar (SKD) Maret lalu diminta untuk mendaftar ulang seleksi kompetensi bidang (SKB). Pengumuman dan daftar ulang dijadwalkan tanggal 1 Agustus  hingga 7 Agustus 2020.

“Harusnya sih mulai tanggal 1 Agustus sudah diumumkan (seleksi lanjutan) di masing-masing instansi. Termasuk daftar ulang SKB,” kata Kepala Biro (Karo) Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Paryono saat dihubungi, Minggu (2/8/2020).

Paryono belum dapat memastikan tentang kemungkinan semua instansi mengumumkan secara serentak. Namun, BKN sudah mengirimkan surat terkait jadwal tahapan seleksi lanjutan CPNS ke setiap instansi.

“Nah kalau instansi mana yang sudah umumkan saya harus cek. Itu gini, tanggal 1 sampai 7 Agustus itu  kayaknya sih karena peserta sudah bisa melakukan daftar ulang kemungkinan semua instansi sudah mengumumkan. Kan sudah ada surat BKN yang ditujukan ke PPK,” ucapnya.

Dia pun memastikan, tidak akan ada perbedaan keputusan terkait dengan pelamar yang akan melanjutkan ke tahapan SKB. Dia menjamin data kelulusan pelamar tidak akan berubah.

“Saya kira enggak ada yang seperti itu. Karena semua data kita yang pegang. Semua data setelah direkonsiliasi, kita masih ada datanya sehingga tidak ada data yang hilang misalnya dari yang lulus menjadi tidak ada ketika daftar ulang. Saya kira tidak ada,” tuturnya. 

Dia melanjutkan, pelaksanaan SKB diawali dengan verifikasi data hasil seleksi kompetensi dasar (SKD) yang dilakukan antara BKN dengan masing-masing Instansi pada tanggal 27–30 Juli 2020. Dari hasil verifikasi tersebut setiap instansi mengumumkan kembali nama-nama peserta SKB melalui laman website masing-masing.

“Setelah Instansi mengumumkan daftar peserta SKB, peserta diminta melakukan pendaftaran ulang di portal SSCN BKN https://sscn.bkn.go.id/ dengan memilih lokasi ujian mulai tanggal 1–7 Agustus 2020,” katanya.

Editor : Ranto Rajagukguk