Pipa Gas di Banten Bocor, PLN Pastikan Tak Ganggu Pasokan Listrik

Ade Miranti Karunia Sari ยท Senin, 09 Juli 2018 - 20:13 WIB
Pipa Gas di Banten Bocor, PLN Pastikan Tak Ganggu Pasokan Listrik

Ilustrasi. (Foto: iNews.id/Yudistiro Pranoto)

JAKARTA, iNews.id – Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) melaporkan telah terjadi kebocoran pipa gas di Perairan Banten tepatnya di Laut Bojonegara, Serang pagi tadi. Bocornya pipa gas terjadi sekitar pukul 10.00 WIB, di mana pertama kali diketahui dari kapal KN Trisula milik KSOP Banten.

"Telah terjadi kebocoran subsea gas pipeline 20”OD yg mengalirkan gas dari Pabelokan CNOOC ke Cilegon. suplai gas yang seharusnya 50 MMSCFD sementara dihentikan," ujar Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas Wisnu Prabawa Taher di Jakarta, Senin (9/7/2018).

Pihaknya masih menyelidiki penyebab kebocoran pipa gas tersebut. "Penyebab kebocoran masih under investigation. Upaya penanganan kebocoran sedang dilakukan," katanya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Djoko Siswanto mengaku tak mengetahui banyak insiden kejadian. Bocornya pipa gas juga baru ia ketahui.

Namun, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan tim yang ada di lapangan. Termasuk mengenai siapa pemilik dari pipa gas yang bocor tersebut. "Ini lagi dicek dulu (siapa pemilik pipa gas) dan segera di-update," katanya.

Pada kesempatan yang sama Direktur Pengadaan Strategis PT PLN (Persero) Supangkat Iwan Santoso menyebut, akibat kebocoran pipa gas tersebut pasokan listrik ke PLTGU Cilegon terganggu. Akibatnya, beban listrik yang tersisa saat ini hanya sebesar 25 mega watt (MW)

"Pembangkit PLTGU Cilegon kan dari CNOOC sama dari PGN, bebannya tinggal separuh sekarang. Awalnya 50 (MW),” ujarnya.

Meski beban listrik PLTGU Cilegon turun, PLN tetap menjamin warga setempat tak kena pemadaman. PLN tetap bisa menyuplai listrik secara normal ke masyarakat karena pasokan setrum bisa dialirkan dari pembangkit listrik lain.

“Enggak, kan pasokannya dari CNOOC dan PGN, CNOOC kan bocor ditutup sehingga pembangkitnya turun beban suplai tapi enggak padam karena ada suplai PLTGU lain," ujarnya.


Editor : Ranto Rajagukguk