PT Pos Indonesia Maksimalkan Penyaluran Bansos Tunai Tahap Lanjutan

Jeanny Aipassa ยท Rabu, 18 Agustus 2021 - 18:08:00 WIB
PT Pos Indonesia Maksimalkan Penyaluran Bansos Tunai Tahap Lanjutan
Petugas PT Pos Indonesia di Bandar Lampung menyerahkan Bantuan Sosial (Bansos) Tunai secara door to door (Antara)

JAKARTA, iNews.id - PT Pos Indonesia (Persero) memaksimalkan penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) Tunai tahap lanjutan yang ditujukan kepada 2,6 juta penerima. 

Terkait dengan itu, unit-unit PT Pos di seluruh daerah didorong untuk bekerja maksimal dan berkoordinasi dengan Pemerintah daerah (Pemda) dalam pendistribusian Bansos Tunai tahap lanjutan. 

Ketua Tim Pelaksana Program Bansos Tunai PT Pos Indonesia (Persero), Haris, menyampaikan penyaluran dana Bansos Tunai lanjutan merupakan realisasi dari program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) 2021. 

Dia menjelaskan, terkait dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat dan Level 4, pemerintah melalui Kementerian Sosial RI kembali menyalurkan Bansos Tunai untuk bulan Mei dan Juni, yang pendistribusiannya dipercayakan kepada PT Pos Indonesia. 

Nilai yang diberikan sebesar Rp300.000 per Keluarga Penerima Manfaat (KPM) per bulan. Penerima akan langsung mendapatkan jatah 2 bulan, yaitu Rp600.000.
 
"Untuk tahap pertama, PT Pos Indonesia bersama dengan Pemda telah menyalurkan Bansos Tunai kepada 10 juta KPM. Pendistribusiannya berjalan lancar dengan total penerima mencapai 98 Persen. Untuk tahap lanjutan ini, akan diserahkan kepada sekitar 2,6 juta penerima," kata Haris, dalam keterangan tertulis, Rabu (18/8/2021). 
 
Dia mengungkapkan, selain disalurkan secara door to door, pencairan Bansos Tunai juga tetap dapat dilakukan di kantor pos dengan protokol kesehatan (prokes) ketat, terkait aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). 

Untuk menjamin keselamatan dan kesehatan penerima Bansos Tunai, lanjutnya, semua petugas Pos Indonesia dipastikan sudah divaksin dan bekerja maksimal sesuai arahan Mensos dalam penyaluran Bansos Tunai. 
 
Haris menambahkan, pemerintah juga meneruskan program Bansos Tunai dengan alokasi awal anggaran yang disiapkan adalah Rp6,1 triliun. Bansos Tunai lanjutan ini merupakan program perpanjangan dari pemerintah dari tujuh jenis perlindungan sosial (perlinsos) dalam program PEN 2021, seperti bantuan beras, dan diskon tarif listrik.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel: