Studi Nielsen: Orang Indonesia Doyan Beli Barang Premium Lewat Online

JAKARTA, iNews.id - Dulu, orang biasanya membeli barang premium langsung di toko resminya dengan alasan lebih terjamin keasliannya. Namun, kini mereka berani untuk membeli barang premium lewat online.
Hal tersebut terungkap dalam studi bertajuk Changing Consumer Prosperity yang dilakukan oleh Nielsen, lembaga riset global. Dalam studi tersebut, sebanyak 58 persen konsumen Indonesia paling mungkin berbelanja online untuk produk-produk premium. Indonesia berada di peringkat ketiga setelah India (72 persen) dan Turki (66 persen).
Untuk produknya, orang Indonesia membeli elektronik pribadi (63 persen) seperti komputer, ponsel, tablet, alat baca, dan lain-lain. Diikuti produk pakaian dan sepatu (41 persen), mobil (37 persen), perhiasan (34 persen), dan kosmetik (32 persen).
Faktor yang memengaruhi mereka dalam berbelanja barang premium secara online masih didominasi oleh rekomendasi. Separuh atau 50 persen dari mereka menjadikan rekomendasi dari rekan atau keluarga sebagai pertimbangan utama.
Selain itu, iklan online dan riset produk juga menjadi pertimbangan mereka sebelum membeli. Kedua faktor tersebut masing-masing sebesar 45 persen.