Studi Nielsen: Orang Indonesia Doyan Beli Barang Premium Lewat Online
Direktur Consumer Insight Nielsen Indonesia, Rusdy Sumantri menjelaskan, orang Indonesia paling rajin meriset produk sebelum membeli dibandingkan konsumen lain di Asia Pasifik.
"Demikian juga dengan pengaruh dari iklan online terhadap keputusan membeli (juga penting). Ini menunjukkan bahwa pengaruh kanal online terhadap perilaku belanja konsumen di Indonesia semakin meningkat.” kata Rusdy, Selasa (16/4/2019).
Tren berbelanja produk premium lewat online menjadi fenomena global. Mereka yang berbelanja di e-commerce lokal untuk produk premium mencapai 45 persen pada 2018. Angka tersebut meningkat 6 persen dibandingkan dua tahun silam.
Namun, ada juga konsumen yang mengandalkan belanja lewat toko secara langsung. Porsinya mencapai 15 persen yang membeli produk premium, termasuk ke luar negeri dengan alasan pengalaman pribadi dan pelayanan yang diberikan oleh petugas toko.
Mereka ini kebanyakan berada di Hong Kong (38 persen), Kroasia (36 persen), dan Serbia (36 persen). Konsumen di ketiga negara tersebut rajin berpergian ke luar negeri untuk belanja barang-barang premium.
Studi ini menyasar dinamika belanja konsumen di 64 negara, termasuk kategori teratas yang berbelanja lebih banyak. Sampel sepenuhnya dilakukan lewat online dari pihak ketiga.
Editor: Rahmat Fiansyah