Tenaga Honorer Dihapus, Pengamat: Lapangan Kerja PNS Menyusut

Ikhsan Permana SP ยท Senin, 06 Juni 2022 - 14:26:00 WIB
Tenaga Honorer Dihapus, Pengamat: Lapangan Kerja PNS Menyusut
Pemerintah melarang pejabat mengangkat tenaga honorer baru. (Foto: Ilustrasi/Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Lapangan kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) diperkirakan akan semakin menyusut seiring kemajuan teknologi digital. Itu sebabnya, keputusan pemerintah menghapus tenaga honorer pada 2023 dinilai tepat.

Seperti diketahui, pemerintah akan menghapus tenaga honorer pada tahun 2023. Penghapusan tenaga honorer ini bakal berlaku paling lambat 28 November 2023.

Ketentuan ini mengikuti Surat edaran Menteri PANRB bernomor B/185/M.SM.02.03/2022, perihal Status Kepegawaian di Lingkungan Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Pengamat Kebijakan Publik Universitas Indonesia, Riant Nugroho, mengatakan pasca pandemi Covid-19, lapangan kerja akan semakin menyusut.

"Menurut hemat saya, sekarang lapangan kerja berkurang sekitar 20 persen akibat dampak pandemi, dan tahun 2030 akan terus berkurang secara sistematis sampai 50 persen karena pekerja digantikan oleh kecerdasan buatan dan machinery," kata Riant, dalam program Market Review di IDX Channel, Senin (6/6/2022).

Terkait dengan itu, lanjutnya, lapangan kerja untuk menjadi seorang pegawai negeri sipil (PNS) akan semakin menyusut atau dirampingkan.

"Ke depan lapangan kerja untuk PNS akan semakin terampingkan atau terkonsolidasi terutama karena banyak pekerjaan-pekerjaan public services akan dipindah over kepada layanan digital," ungkap Riant.

Saat ini, beberapa layanan publik sudah beraluh ke teknologi digital, seperti pembuatan kartu tanda penduduk (KTP) digital, Paspor digital, kartu nikah digital dan lain sebagainya.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda