Tren Belanja Online Pekan Pertama Ramadan, Ada Makanan hingga Pakaian

Hafid Fuad ยท Sabtu, 17 April 2021 - 11:22:00 WIB
Tren Belanja Online Pekan Pertama Ramadan, Ada Makanan hingga Pakaian
IdEA memberikan bocoran data awal pergerakan tren belanja online di pekan pertama Ramadhan tahun ini. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA, iNews.id - Asosiasi e-commerce Indonesia (IdEA) memberikan bocoran data awal pergerakan tren belanja online di pekan pertama Ramadhan tahun ini. Kepala Bidang Komunikasi Publik idEA Astrid Warsito mengaku telah menarik data dari berbagai e-commerce demi melihat tren belanja online pekan pertama puasa ini. 

Hasilnya menunjukkan secara garis besar terjadi pertumbuhan signifikan pembelian pada beberapa produk seperti makanan dan kebutuhan harian, MRO (perkakas), pakaian atau baju muslim serta produk TV & Home audio. "Secara transaksi rata-rata ada kenaikan transaksi dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan transaksi harian sebelum Ramadan. Data kami melihat mayoritas data e-commerce, yaitu perpaduan e-retailers dan marketplace," kata Astrid saat dihubungi MNC Portal Indonesia di Jakarta (17/4/2021).

Dia juga memberikan gambaran momen Harbolnas Desember tahun 2020 sebagai acuan tren belanja di masa pandemi Covid-19. Seperti diketahui, tren belanja online melesat naik sejak Covid-19 merajalela di Indonesia.

Hal yang menarik diperhatikan adalah daya tarik utama pembelian terletak pada promo ongkos kirim yang gratis, sebesar 78 persen. Setelah itu baru promo potongan harga. Sementara untuk penggunaan voucher dan cashback tidak terlalu diminati konsumen.

Editor : Ranto Rajagukguk

Halaman : 1 2