5 Artis Cantik Pemeran Nyi Roro Kidul, 2 Orang Telah Meninggal

Nur Afidah Zalfalia S · Kamis, 25 November 2021 - 15:13:00 WIB
5 Artis Cantik Pemeran Nyi Roro Kidul, 2 Orang Telah Meninggal
Berikut lima artis cantik yang pernah memerankan sosok mitos legendaris Nyi Roro Kidul. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Nyi Roro Kidul adalah mitos legendaris yang kerap diangkat ceritanya dalam film dan serial televisi.  Kanjeng Ratu Kidul ditulis berdasarkan kepercayaan dan mitos masyarakat di Pulau Jawa.

Nyi Roro Kidul diyakini sebagai Dewi Nawang Wulan, bidadari dari Kayangan yang pernah menjadi istri Jaka Tarub dan punya anak. Kelak keturunan Dewi Nawang Wulan dan Jaka Tarub ini melahirkan Raja-Raja Jawa.
 
Dewi Nawang Wulan setelah pulang kembali ke Kahiyangan ternyata kurang diterima baik. Dia akhirnya kembali turun ke dunia dan bertapa di Laut Kidul.
 
Karena tapanya ini membuat laut bergejolak, membuat Raja Penguasa Laut Kidul Panguoso Segoro marah. Dalam sebuah perang kecerdikan dan argumentasi, Dewi Nawang Wulan menang. Dewi Nawang Wulan kemudian dinobatkan sebagai Ratu Pantai Selatan, bergelar Kanjeng Ratu Kidul.
 
Di Indonesia, kisah Nyi Roro Kidul banyak diangkat ke film layar lebar dan sinetron. Banyak artis cantik yang pernah memerankan sosok mitos legendaris tersebut.
 
Berikut lima artis cantik yang pernah memerankan Nyi Roro Kidul:
 
1. Moudy Wilhelmina

Moudy Wilhelmina adalah salah satu artis yang masuk dalam deretan artis yang pernah berperan sebagai Nyi Roro Kidul. Memulai kariernya lewat ajang Gadis Sampul pada 1989 sebagai juara favorit, Moudy Wilhelmina pernah memerankan Nyi Roro Kidul dalam format sinetron kolosal produksi Genta Buana Paramita berjudul Nyi Roro Kidul pada 2003.
 
2. Julia Perez

Almarhum Julia Perez atau sering disingkat Jupe dikenal sebagai seorang penyanyi dangdut, model, artis, sekaligus presenter. Jupe merupakan salah satu deretan artis yang pernah memerankan sosok Nyi Roro Kidul dalam proyek pemotretan untuk sebuah pameran foto yang tentang cerita rakyat bertajuk 'Alkisah'. Pada kesempatan itu, pelantun lagu Belah Duren ini berpose layaknya Nyi Roro Kidul.

Pada 10 Juni 2017, Julia Perez meninggal di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) akibat kanker leher rahim stadium empat.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: