6 Aktor Pemeran Pahlawan Revolusi di Film G30S PKI, Sudah Tahu?

Inas Rifqia Lainufar ยท Selasa, 27 September 2022 - 17:20:00 WIB
6 Aktor Pemeran Pahlawan Revolusi di Film G30S PKI, Sudah Tahu?
Aktor pemeran pahlawan revolusi di Film G30S PKI (Foto: IG)

JAKARTA, iNews.id - Inilah daftar aktor pemeran pahlawan revolusi di film G30S PKI. Sederet nama tersebut merupakan aktor terbaik di masanya yang telah malang melintang di industri perfilman Indonesia.

Maka dari itu, tak heran jika mereka dipercaya menjadi pemeran dalam film ‘Pengkhianatan G30S/PKI’ (1984) yang disutradarai oleh Arifin C. Noer. Berkisah tentang Gerakan 30 September 1965 oleh Partai Komunis Indonesia yang membunuh sejumlah pahlawan revolusi, film ini menjadi film sejarah yang paling banyak ditonton di negeri ini.

Pada Orde Baru, film ini bahkan menjadi film yang wajib ditonton oleh masyarakat Indonesia. Beberapa stasiun televisi juga biasanya akan menayangkannya kembali sampai saat ini. 

Adapun 6 pemain di balik film ‘Pengkhianatan G30S/PKI’ adalah sebagai berikut.

Aktor pemeran pahlawan revolusi di film G30S PKI

1.Pramana Padmodarmaya

Dalam film ‘Pengkhianatan G30S/PKI’, Pramana Padmodarmaya berperan sebagai Jenderal Ahmad Yani. Saat peristiwa mengerikan tersebut, sang jenderal sedang berada di dalam rumah dan diberondong dengan tembakan dari senjata api.

Pramana Padmodarmaya mampu membawakan tokoh Jenderal Ahmad Yani yang tegas dan berwibawa dengan sangat baik. Usai tampil mengesankan dalam film G30S/PKI, ia banyak mendapatkan tawaran bermain film, termasuk ‘Ada Apa Dengan Cinta’ (2002). 

2. A. Chalik Noor 

A Chalik Noor didapuk sebagai pemeran Mayjen Soeprapto dalam film ‘Pengkhianatan G30S/PKI’. Mayjen Soeprapto sendiri dikisahkan sebagai petinggi Angkatan Darat yang diculik pada 1 Oktober 1965.

Tampil mengesankan dalam film tersebut, A Chalik Noor banyak bermain dalam sejumlah judul film setelahnya. Beberapa film yang pernah ia bintangi adalah ‘Cinta Pertama’ (1973), ‘Pokoknya Beres’ (1983), dan ‘Kadarwati’ (1983).

3.Moertri Purnomo 

Dalam film ‘Pengkhianatan G30S/PKI’, Moertri Purnomo berperan sebagai Mayjen S. Parman. Ia dikisahkan sebagai sebagai anggota Dewan Jenderal yang akan mengudeta Presiden Soekarno.

Di industri perfilman Indonesia, ia termasuk aktor yang kerap membintangi film-film populer. Salah satu film yang pernah ia bintangi adalah film ‘The Rainmaker’ dengan judul asli ‘Impian Kemarau’ pada tahun 2004.

4.Wawan Wanisar 

Wawan Wanisar merupakan aktor kelahiran Jakarta, 13 Desember 1949. Ia terjun ke bidang seni peran dengan membintangi film ‘Pengkhianatan G30S/PKI’ sebagai Lettu Pierre Tendean.

Tampil mengesankan dalam film perdana, ia lalu banyak dipercaya membintangi sejumlah film ternama, seperti ‘Naga Bonar’ (1987), ‘Cinta dan Noda’ (1991), ‘The Fabulous Udin’ (2016), dan masih banyak lagi. Wawan Wanisar diketahui menghembuskan nafas terakhirnya pada 29 Maret 2021.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda