Mau Bikin Podcast Sendiri? Ini Panduan yang Bisa Diikuti

Tuty Ocktaviany ยท Senin, 13 Juli 2020 - 18:08 WIB
Mau Bikin Podcast Sendiri? Ini Panduan yang Bisa Diikuti

Ada cara mudah bikin podcast sendiri. (Foto: Roov)

JAKARTA, iNews.id - Perkembangan kebutuhan akan konten hiburan kini tidak hanya dalam bentuk visual, namun beberapa tahun terakhir generasi milenial dan gen Z juga mulai menyukai konten hiburan dalam bentuk audio yang biasa disebut podcast. Kontennya yang bervariasi, fleksibel, bisa didengarkan di mana pun, membuat podcast menarik banyak orang untuk mengonsumsinya.

Sekarang semua bisa punya podcast. Untuk kamu yang ingin membuat podcast, berikut langkah–langkah yang bisa dilakukan:

1. Harus yakin sama passion yang bisa kamu tuangkan ke podcast

Misalnya kamu suka main games, kenapa nggak ngobrolin tentang games? Berangkat dari passion itu bikin kamu jadi semangat untuk riset materi podcast.

2. Tentukan konsep podcast kamu

Apakah podcast monolog, ngobrol-ngobrol, atau storytelling? Apakah podcast kamu akan formal dan informatif atau lucu dan menghibur?

3. Bikin art cover podcast yang menarik

Kalau podcast kamu tentang games, cover podcast kamu bisa bertemakan games dengan latar belakang atau karakter dari console games. Kemudian berikan judul podcast yang besar agar mudah dibaca oleh pendengar.  Tidak bisa desain? Jangan khawatir. Sekarang sudah banyak aplikasi desain dengan template yang bagus-bagus kok.

4. Tentukan topik 

Supaya percakapan kamu fokus dan tidak ke mana-mana, pilih satu tema untuk dijadikan topik yang akan dikembangkan. Tentukan juga durasi podcast setiap episode supaya lebih konsisten. Untuk episode awal bisa dimulai dengan durasi yang tidak terlalu panjang dulu. Ketika pendengar kamu sudah mulai banyak, baru durasi diperpanjang.

5. Konsisten

Kalau kamu sudah menjadwalkan untuk posting seminggu sekali, kamu harus komitmen dengan jadwal tersebut. Supaya tidak kejar tayang, kamu bisa produksi tiga hingga lima podcast sekaligus untuk episode awal, tapi tetap diposting seminggu sekali. Dengan begitu, kamu akan lebih punya waktu untuk produksi episode berikutnya.

6. Pilih hosting platform

Supaya podcast bisa tersebar di berbagai tempat, kamu harus pilih agregator yang cocok. Misalnya, kamu bisa menggunakan ROOV sebagai hosting platformnya. Mengapa ROOV? Pasalnya, ROOV memberikan kemudahan untuk produksi podcast mulai dari rekam suara, editing dan menambahkan backsound sesuai keinginan. Dan podcast kamu nantinya akan otomatis bisa didengarkan di aplikasi RCTI+,  jadi tidak perlu diragukan lagi pendengarnya akan semakin banyak.

Ternyata bikin podcast itu mudah ya. Bikin podcast, yuk!

Editor : Tuty Ocktaviany