Segini Jumlah Pemain Figuran pada Film G30S/PKI, Libatkan Puluhan Ribu Orang untuk Propaganda?

Rilo Pambudi ยท Rabu, 28 September 2022 - 19:32:00 WIB
Segini Jumlah Pemain Figuran pada Film G30S/PKI, Libatkan Puluhan Ribu Orang untuk Propaganda?
Jumlah Pemain Figuran pada film G30SPKI (Foto: Youtube TVMu)

JAKARTA, iNews.id - Sebagian orang pasti akan tercengang saat mendengar berapa jumlah pemain figuran pada film G30S/PKI. Tak hanya melibatkan jumlah pemain yang banyak, film yang disutradarai oleh Arifin C. Noer itu juga menghabiskan dana yang besar.

Film yang menggambarkan peristiwa G30S tahun 1965 itu memang selalu hangat diperbincangkan setiap tahunnya menjelang tanggal 30 September. Film dengan judul lengkap Penumpasan Pengkhianatan G30S PKI adalah sinema monumental yang hingga kini masih menjadi kontroversi. 

Pasalnya, sinema yang diproduksi oleh Perum Perusahaan Film Negara (PPFN) pada tahun 1984 ini sering disebut film propaganda rezim Orde Baru pimpinan Presiden Soeharto.

Ada banyak versi sejarah terkait Gerakan 30 September 1965. Namun, film G30S PKI secara khusus dan lugas mengusung sudut pandang bahwa G30S adalah upaya pemberontakan atau kudeta yang didalangi oleh Partai Komunis Indonesia (PKI).

Jumlah Pemain Figuran pada Film G30S/PKI

Seperti dijelaskan sedikit di awal, film Penumpasan Pengkhianatan G30S PKI mengisahkan tentang peristiwa gerakan dan kudeta politik di Indonesia oleh PKI. Kemudian, film ini juga menggambarkan betapa heroiknya angkatan bersenjata dalam mengatasi upaya kudeta PKI yang telah menewaskan 6 Jenderal dan 1 perwira TNI Angkatan Darat.

Film G30S PKI disutradarai oleh Arifin C. Noer dan diproduseri oleh G. Dwipayana. Film ini memiliki durasi selama 3 jam 40 menit dan disebut sebagai film terbesar dan tersukses di masanya. 

Bagaimana tidak, film ini diproduksi selama dua tahun dengan anggaran sebesar Rp800 juta kala itu dan disponsori oleh pemerintahan Orde Baru Soeharto. 

Dana sebesar itu tidak mengherankan karena film ini secara total telah melibatkan hingga 10.000 pemain dan figuran. Beberapa bintang utama dalam film tersebut antara lain adalah dibintangi Amoroso Katamsi, Umar Kayam, dan Syubah Asa.

"Film terbesar yang tak mungkin terulang..." tulis dalam poster Film Penumpasan Pengkhianatan G30S PKI dari PPFN.

"Melibatkan lebih dari 10.000 pemain dan figuran."

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda