Tonton Kolaborasi Unik Kreator Film Ngapak, Cingire dan Bocah Ora Umum

Siska Permata Sari · Selasa, 30 Maret 2021 - 11:10:00 WIB
Tonton Kolaborasi Unik Kreator Film Ngapak, Cingire dan Bocah Ora Umum
Selain Dede Kustiawan dengan grupnya yang disebut Cingire, ternyata ada juga pembuat film pendek yang menggunakan Bahasa Ngapak, yaitu Bocah Ora Umum. (Foto: YouTube)

JAKARTA, iNews.id - Dede Kustiawan adalah YouTuber asal Kebumen yang memiliki lebih dari 1 juta subscriber di YouTube. Dede membuat video-video pendek dengan Bahasa Ngapak. Walaupun berawal dari iseng, ternyata banyak yang suka dengan video-videonya tersebut.

Dede sering membuat film pendek dengan Dialek Banyumasan atau yang sering disebut bahasa ngapak. Bahasa Jawa ini umumnya digunakan oleh masyarakat wilayah barat Jawa Tengah, Banten Utara, sampai daerah Cirebon-Indramayu.

Dia mulai disorot di media sosial setelah sering mengunggah video pendek menggunakan bahasa ngapak. Selain Dede dengan grupnya yang disebut Cingire, ternyata ada juga pembuat film pendek yang menggunakan Bahasa Ngapak, yaitu Bocah Ora Umum. 

Bocah Ora Umum berisi konten vlog yang biasa dibuat dalam proses film pendek KONCI (Komedi Ngapak Cilacap). Di video terbarunya, Dede Cingire mengundang Bocah Ora Umum untuk ngobrol bareng.

Dede Cingire mengungkapkan bahwa banyak yang meminta kolaborasi antara mereka dengan Bocah Ora Umum. Akhirnya kolaborasi ini terjadi dan dipersembahkan untuk penggemar.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2