3 Manfaat Matcha Bagi Tubuh, Salah Satunya Baik untuk Jantung

Siska Permata Sari ยท Sabtu, 25 Juli 2020 - 19:08 WIB
3 Manfaat Matcha Bagi Tubuh, Salah Satunya Baik untuk Jantung

Manfaat matcha untuk tubuh (Foto: Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Siapa yang tak tahu matcha, teh khas Jepang dengan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Matcha terbuat dari tanaman camellia sinensis atau selama ini kita kenal sebagai teh.

Matcha dibuat dari daun teh hijau yang ditumbuk menjadi bubuk halus. Sehingga matcha mengandung nutrisi dari seluruh daun teh, yang menghasilkan jumlah kafein dan antioksidan lebih besar daripada yang biasanya ditemukan dalam teh.

Bahkan, menurut satu perkiraan, jumlah katekin tertentu dalam matcha hingga 137 kali lebih besar daripada jenis teh hijau lainnya. Oleh sebab itulah matcha mengandung banyak manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh.

Apa saja? Mari simak daftarnya seperti dirangkum dari Healthline, Sabtu (25/7/2020).

Menurunkan berat badan

Kita sudah tahu bahwa teh hijau terkenal karena kemampuannya untuk meningkatkan penurunan berat badan. Penelitian menunjukkan, bahwa teh hijau dapat membantu mempercepat metabolisme untuk meningkatkan pengeluaran energi dan meningkatkan pembakaran lemak.

Satu studi kecil menunjukkan, bahwa mengambil ekstrak teh hijau selama olahraga sedang meningkatkan pembakaran lemak sebesar 17 persen. Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak teh hijau membantu meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak, yang keduanya dapat membantu penurunan berat badan.

Meningkatkan kesehatan jantung

Minum matcha juga dapat bermanfaat baik bagi jantung. Beberapa penelitian menunjukkan, bahwa minum teh hijau yang memiliki profil nutrisi mirip dengan matcha, dapat membantu melindungi terhadap penyakit jantung. Teh hijau sendiri, telah terbukti mengurangi kadar kolesterol LDL total dan serta trigliserida.

Studi penelitian juga menunjukkan, bahwa minum teh hijau dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan stroke. Tentunya, ini dibarengi dengan pola hidup sehat termasuk makanan sehari-hari dan olahraga rutin.

Cegah kanker

Matcha dipenuhi dengan senyawa yang meningkatkan kesehatan, termasuk beberapa kandungan yang  telah dikaitkan dengan pencegahan kanker. Matcha juga sangat tinggi mengandung epigallocatechin-3-gallate (EGCG), sejenis katekin yang telah terbukti memiliki sifat anti kanker yang kuat.

Satu studi tabung reaksi menemukan bahwa EGCG dalam matcha membantu membunuh sel-sel kanker prostat. Selain itu, EGCG juga efektif melawan kanker kulit, paru-paru, dan hati.

Editor : Dini Listiyani