3 Varian Virus Covid-19 Masuk ke Indonesia, Kemenkes: Kurangi Mobilitas

Siska Permata Sari ยท Selasa, 04 Mei 2021 - 14:45:00 WIB
3 Varian Virus Covid-19 Masuk ke Indonesia, Kemenkes: Kurangi Mobilitas
Petugas Dinkes Brebes saat melakukan tracing lini kedua Sabtu (6/3/2021) pagi se TKW di wilayah setempat sempat terpapar Covid-19 varian baru B117. Foto: iNews/Yunibar.

JAKARTA, iNews.id – Tiga varian virus Covid-19 sudah masuk ke Indonesia. Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi memastikan bahwa kasus Covid-19 dari tiga varian yakni Inggris (B117), India (B1617) dan Afrika Selatan (B1351) telah masuk ke Indonesia. Hal tersebut diketahui setelah dilakukan pemeriksaan whole genome sequencing (WGS).
 
Kasus Covid-19 dari tiga varian ini telah ada di sejumlah wilayah di Indonesia. “Kita bisa lihat situasinya, di Jakarta ada 1 kasus, di Jawa Barat ada 5, kemudian kita lihat di Kaltim ada 1, di Bali itu ada 2, di Jawa Timur ada 1 kasus, di Sumut ada 2 kasus, di Sumsel ada 1 kasus,” kata dr Siti Nadia Tarmizi dalam konferensi pers virtual, Selasa (4/5/2021).
 
Melihat kondisi tersebut, dia mengimbau masyarakat Indonesia untuk belajar dari lonjakan kasus yang telah terjadi di negara-negara lain, termasuk India yang mengalami ‘tsunami Covid-19’. Dia meminta masyarakat agar tidak lengah dan mengurangi mobilitas.
 
“Berdasarkan data-data yang ada ini, untuk dapat mencegah virus ini untuk bertransmisi secara lebih luas caranya mengurangi mobilitas. Kita harus bisa belajar dari negara-negara lain agar tidak terjadi lonjakan kasus. Apa yang bisa kita lakukan, adalah kurangi mobilitas,” ujarnya.
 

Editor : Elvira Anna

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: