5 Kebiasaan yang Bisa Bikin Rambut Ikal Rusak, Kamu Pasti Belum Tahu

Inas Rifqia Lainufar · Rabu, 05 Oktober 2022 - 20:55:00 WIB
5 Kebiasaan yang Bisa Bikin Rambut Ikal Rusak, Kamu Pasti Belum Tahu
Kebiasaan yang bisa bikin rambut ikal rusak (Foto:Progressman)

JAKARTA, iNews.id - Terdapat sejumlah kebiasaan yang bisa bikin rambut ikal rusak. Sayangnya, dampak buruk dari kebiasaan-kebiasaan ini justru tidak disadari oleh banyak orang dan justru menjadi hal lumrah dalam merawat rambut.

Padahal sebagaimana yang telah diketahui, rambut ikal lebih membutuhkan perawatan ekstra dibandingkan dengan rambut lurus. Hal ini lantaran rambut ikal lebih mudah untuk kering dan kusut jika tidak dirawat dengan benar.

Oleh sebab itu, sederet fakta berikut patut untuk disimak lalu dihindari.

Kebiasaan yang bisa bikin rambut ikal rusak

1.Menggunakan produk perawatan rambut yang tidak tepat

Menggunakan produk perawatan rambut yang tidak tepat dapat membuat rambut yang lurus menjadi ikal. Oleh sebab itu, kamu harus memperhatikan komposisi shampo hingga conditioner yang kamu gunakan untuk rambutmu.

Sebagai tips, hindari produk perawatan rambut yang mengandung alkohol dan SLS. Pasalnya, alkohol dan SLS dapat membuat rambut menjadi kering dan kusut.

2.Sering keramas

Banyak orang beranggapan bahwa sering keramas dapat membuat rambut menjadi lebih sehat karena mendapatkan nutrisi terus-menerus dari shampo yang digunakan. Padahal, keramas yang berlebihan akan mengakibatkan rambut menjadi lebih cepat kusut dan kering.

Oleh sebab itu, kamu perlu menghindari untuk keramas setiap hari agar kesehatan rambutmu tetap terjaga. Akan lebih baik jika kamu keramas setiap dua hari sekali.

3.Keramas dengan air yang terlalu dingin atau panas

Saat keramas, tak hanya produk perawatannya saja yang diperhatikan. Akan tetapi, air yang digunakan juga harus tepat suhu atau temperaturnya agar tidak membuat rambut menjadi ikal.

Untuk lebih jelasnya, kamu harus menggunakan air hangat terlebih dahulu untuk membasahi rambut sebelum digunakan shampo. Setelahnya, kamu bisa menggunakan air dingin untuk membilas rambut dan kulit kepalamu.

4.Gemar menggunakan hair dryer

Bagi banyak orang, penggunaan hair dryer untuk mengeringkan rambut sehabis keramas memang kerap menjadi favorit. Namun jika penggunaan alat tersebut dilakukan secara berlebihan, maka dampak buruk akan menghampiri rambut.

Pasalnya, hair dryer yang digunakan terus-menerus dapat membuat rambut ikal menjadi lebih kering dan kusut. Oleh sebab itu, kurangi frekuensi penggunaan hair dryer dan beralih menggunakan handuk untuk mengeringkan rambut.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda