5 Kiat Sehat saat Hari Raya Idul Adha di Tengah Pandemi Corona, Jangan Lupa Makan Sayuran

Siska Permata Sari ยท Jumat, 31 Juli 2020 - 09:16 WIB
5 Kiat Sehat saat Hari Raya Idul Adha di Tengah Pandemi Corona, Jangan Lupa Makan Sayuran

Jangan lupa konsumsi sayuran saat pandemi Covid-19. (Foto: AFP)

JAKARTA, iNews.id - Hari Raya Idul Adha tahun ini berbeda dari sebelumnya. Pandemi virus corona (Covid-19) yang menyerang dalam beberapa bulan terakhir ini membuat sejumlah perayaan besar harus dirayakan dengan cara berbeda, termasuk Hari Raya Idul Adha.

Banyak perubahan yang hadir selama adanya virus baru tersebut, terutama dalam mengatur gaya hidup sehari-hari. Sebab, banyak orang telah beralih ke gaya hidup yang lebih sehat agar terhindar dari penyakit sangat menular tersebut. Dalam hal ini, tentunya pola makan sangat memengaruhi.

Khususnya saat hari raya seperti sekarang, dokter spesialis keluarga yang berbasis di Dubai, Dr Bobomurod Kelidyorov mengingatkan untuk tidak mengonsumsi makanan berlebihan. Terutama daging kurban seperti sapi, kambing, dan domba.

“Terlalu banyak makan, mengonsumsi makanan kaya lemak dan protein dalam jumlah besar, menyebabkan keasaman, mual, muntah, dan diare karena mengganggu sistem pencernaan,” kata dr Kelidyorov seperti dilansir dari Gulf News, Jumat (31/7/2020).

Berikut kiat makan sehat yang bisa Anda terapkan bersama keluarga di Hari Raya Idul Adha:

1. Kontrol porsi

Hal paling mudah adalah mengontrol porsi makan Anda. Hindari porsi besar daging merah, yakni tidak lebih dari 100 gram daging per sajian dengan maksimum 200 gram, yakni dua kali waktu makan. Campurlah daging tersebut dengan karbohidrat padat serta sayuran.

2. Pilih metode masak yang sehat

Metode masak juga akan membuat daging yang Anda konsumsi lebih sehat. Misalnya daripada menggoreng daging, lebih baik jika memasaknya  dengan cara dipanggang.

3. Makan di waktu yang tepat

Selama waktu makan, makanlah lebih awal pada jam 18.00 atau 19.00 untuk meningkatkan pencernaan, termasuk banyak sayuran dan buah-buahan untuk mendapatkan serat yang baik bagi kesehatan.

4. Jangan lupa buah dan sayuran

Masukkan banyak jenis buah-buahan dan sayuran dalam diet Anda sebelum dan setelah Idul Adha. Selain memberikan Anda serat serta antioksidan, sayuran dan buah juga membantu menjaga kesehatan usus dan bakteri kolon.

5. Tetap olahraga

Libur panjang seperti long weekend dan ditambah terlalu banyak di rumah selama pandemi, bisa dimanfaatkan untuk berolahraga. Apalagi ketika Anda mengonsumsi jumlah kalori yang lebih tinggi, pastikan Anda juga melakukan pembakaran kalori yang tinggi. Cobalah lakukan kombinasi latihan seperti joging, jalan kaki, pilates, atau weightlifting.

Editor : Tuty Ocktaviany