6 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Seorang Penyanyi, Jangan Bikin Tenggorokan Kering!

Inas Rifqia Lainufar ยท Jumat, 23 September 2022 - 12:02:00 WIB
6 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Seorang Penyanyi, Jangan Bikin Tenggorokan Kering!
Makanan yang wajib dihindari oleh seorang penyanyi. Makanan berminyak (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Inilah makanan yang wajib dihindari oleh seorang penyanyi. Bukan tanpa alasan, makanan-makanan ini memang dapat menurunkan kualitas suara yang dihasilkan oleh seseorang.

Hal ini lantaran makanan yang kita konsumsi akan sangat berpengaruh terhadap organ tubuh, termasuk pita suara. Fals pada suara [un dapat diminimalisir dengan menghindari makanan tersebut.

Adapun 6 makanan yang harus dihindari oleh seorang penyanyi adalah sebagai berikut.

Makanan yang wajib dihindari oleh seorang penyanyi

1.Makanan berminyak

Makanan berminyak atau makanan yang digoreng memang tidak begitu baik jika dikonsumsi secara berlebihan. Selain meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh, makanan ini juga membuat tenggorokan menjadi kering.

Pasalnya, minyak dalam makanan ini dapat meningkatkan suhu tenggorokan. Imbasnya, pita suara akan mengalami masalah atau tidak bekerja dengan baik.

2.Makanan pedas

Makanan pedas membuat pita suara seseorang tidak bisa bekerja dengan baik. Pasalnya, makanan ini ternyata dapat meningkatkan suhu dalam tenggorokan. Imbasnya, tenggorokan akan menjadi kering dan tidak dapat mengeluarkan suara yang merdu. Penampilan seorang penyanyi pun akan terganggu jika banyak memakan makanan pedas.

3.Makanan dengan banyak garam

Makanan dengan banyak garam biasa ditemukan pada snack atau yang biasa disebut sebagai ‘ciki’ atau ‘ciki-cikian’. Meskipun gurih dan lezat, sayangnya makanan ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penyanyi secara berlebihan.

Hal ini lantaran makanan asin tersebut dapat membuat tenggorokan menjadi kering. Alhasil, pita suara tidak bisa menghasilkan suara yang merdu.

4.Minuman beralkohol

Sebagaimana yang telah diketahui, alkohol membuat seseorang menjadi tidak fokus atau tidak sadarkan diri. Oleh sebab itu, minuman beralkohol tidak dianjurkan dikonsumsi oleh seorang penyanyi saat hendak tampil manggung.

Selain itu, alkohol juga membuat dehidrasi dalam tubuh, termasuk tenggorokan. Maka untuk menghindari tenggorokan yang kering akibat kekurangan cairan, penyanyi harus menghindari minuman ini.

5.Kopi 

Selain nikmat, kopi digemari karena mampu membuat seseorang menjadi terjaga atau tidak mengantuk. Maka dari itu, penyanyi yang merasa kantuk saat sedang manggung akan mengonsumsi kopi sebagai solusinya.

Namun di balik manfaat tersebut, kopi tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara berlebihan oleh seorang penyanyi. Pasalnya. Kopi dapat menurunkan tingkat elastisitas tenggorokan dan berpengaruh pada suara yang dihasilkan.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda