8 Cara Diet Ini Tidak Sehat meski Tubuh Cepat Kurus

Antara ยท Minggu, 08 Maret 2020 - 11:57 WIB
8 Cara Diet Ini Tidak Sehat meski Tubuh Cepat Kurus

Lakukan olahraga jangan berlebihan agar badan sehat. (Foto: AFP)

JAKARTA, iNews.id – Tidak sedikit orang yang melakukan banyak cara untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Sayangnya, kebanyakan dari mereka melakukan dengan jalan yang salah, sehingga dapat menyebabkan masalah kesehatan lain.

Cara diet kilat dapat dengan mudah ditemukan di dunia maya. Namun, tidak pernah dijelaskan apa efek sampingnya bagi kesehatan dan diet ini biasanya tidak akan bertahan lama.

Berikut adalah beberapa kesalahan diet atau cara diet yang tidak sehat, seperti dilansir Boldsky, Minggu (8/3/2020).

1. Jus diet

Meminum jus diet tidak akan membantu menurunkan berat badan Anda, sebab yang hilang bukanlah lemak melainkan massa air dan otot. Jus tidak mengandung protein, tetapi hanya beberapa nutrisi saja tergantung dari buah dan sayur apa yang diminum.

Jus diet memang dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat dalam jangka pendek. Namun untuk jangka panjang, tubuh Anda akan kekurangan mikronutrien dan makronutrien penting.

2. Diet rendah lemak

Melakukan diet rendah lemak untuk menurunkan berat badan adalah ide yang buruk. Mengonsumsi lemak sehat akan membuat kenyang, yang berarti Anda merasa kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama dan itu mencegah Anda makan berlebihan.

Diet rendah lemak menyebabkan ketidakseimbangan hormon, risiko diabetes yang lebih tinggi, kesehatan jantung yang buruk, dan berkurangnya fungsi otak.

3. Diet rendah karbohidrat

Diet rendah karbohidrat adalah diet yang berfokus pada protein, ikan, telur, ayam, dan sayuran non-tepung, tidak termasuk kacang-kacangan, buah-buahan, roti dan biji-bijian.

Karbohidrat dibutuhkan untuk menyediakan energi bagi tubuh. Ketika Anda tiba-tiba memotongnya, itu dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti bau mulut, lemas, sakit kepala, kelelahan, dan ruam kulit yang pada akhirnya itu tidak akan membantu dalam penurunan berat badan.

4. Diet ketat

Diet ketat adalah strategi penurunan berat badan dalam waktu yang lebih singkat. Beberapa contoh diet ketat adalah diet sup ayam, diet sup kubis, diet jeruk Bali merah atau grapefruit, diet jus dan sebagainya.

Mengikuti diet ketat akan menyebabkan penurunan berat badan dalam waktu cepat untuk jangka pendek, tetapi dalam jangka panjang akan menyebabkan peningkatan kenaikan berat badan, melemahkan sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan risiko dehidrasi.

5. Makan tinggi protein

Melakukan diet protein bukanlah cara yang baik untuk menurunkan berat badan. Sebab, tubuh Anda membutuhkan vitamin dan mineral lain untuk bertahan hidup dan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Diet tinggi protein termasuk makanan seperti mengonsumsi produk susu penuh lemak, daging merah, kacang-kacangan dan ikan.

6. Berolahraga selama berjam-jam

Berolahraga tentu saja membantu penurunan berat badan, tetapi ketika Anda melakukan olahraga berlebihan, Anda cenderung merasa lapar dan akan makan lebih banyak.

Dengan cara ini, Anda tidak akan bisa menurunkan berat badan dan merasa lebih lelah. Olahraga yang berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan jantung dan mental.

7. Diet makanan mentah

Melakukan diet makanan mentah bukanlah cara terbaik untuk menurunkan berat badan. Beberapa makanan mentah saat dimasak melepaskan nutrisi penting yang dapat membantu penurunan berat badan jangka panjang. Makanan ini termasuk tomat, bayam, kacang-kacangan dan wortel.

8. Makan sandwich atau wrap

Hanya makan sandwich atau wrap sandwich untuk makan siang atau malam tidak akan membantu menurunkan berat badan. Sebab, Anda tidak akan merasa kenyang dan justru lapar di akhir hari. Hal ini malah akan membuat Anda berlebihan di malam hari dan tidak akan bisa menurunkan berat badan.

Editor : Tuty Ocktaviany