8 Cara Menurunkan Berat Badan, Tak Boleh Terlambat Sarapan dan Pantang Makanan

Leonardus Selwyn · Kamis, 28 Oktober 2021 - 13:45:00 WIB
8 Cara Menurunkan Berat Badan, Tak Boleh Terlambat Sarapan dan Pantang Makanan
Cara menurunkan berat badan. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Memiliki badan yang ideal tentu menjadi impian semua orang. Oleh sebab itu banyak orang yang berlomba-lomba untuk bisa menurunkan berat badan sesuai dengan yang diharapkan. 

Meski demikian, untuk menurunkan berat badan tidaklah semudah membalikan telapak tangan. Diperlukan niat dan tekad yang kuat serta membenahi pola hidup yang kurang sehat. 

Merangkum dari laman resmi National Health Service (NHS), Kamis (28/10/2021), berikut 8 tips yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan berat badan: 

1. Jangan lewatkan waktu makan 

Melewatkan sarapan tidak akan membantu menurunkan berat badan. Seseorang justru bisa kehilangan nutrisi penting dan mungkin berpotensi mengemil lebih banyak sepanjang hari karena merasa lapar.  Disarankan juga makan pada waktu yang teratur di siang hari membantu membakar kalori lebih cepat. Ini juga mengurangi godaan untuk mengemil makanan tinggi lemak dan gula. 

Cobalah untuk merencanakan sarapan, makan siang, makan malam, dan makanan ringan selama seminggu. Pastikan tetap pada jumlah kalori harian yang dibutuhkan. Seseorang mungkin merasa terbantu dengan membuat daftar menu makan mingguan.

2. Makan banyak buah dan sayuran 

Buah, sayuran rendah kalori, lemak, dan tinggi serat merupakan nutrisi penting untuk penurunan berat badan yang sukses. Makanan tersebut juga mengandung banyak vitamin dan mineral. 

3. Lebih aktif bergerak 

Aktif adalah kunci untuk menurunkan berat badan dan mempertahankannya. Selain memberikan banyak manfaat kesehatan, olahraga dapat membantu membakar kelebihan kalori yang tidak dapat hilang melalui program diet saja. 

4. Konsumsi makanan berserat tinggi 

Makanan yang mengandung banyak serat dapat membantu seseorang tetap merasa kenyang. Makanan ini sangat cocok untuk menurunkan berat badan. Serat hanya ditemukan dalam makanan dari tumbuhan, seperti buah dan sayuran, gandum, roti gandum, nasi merah dan pasta, dan kacang-kacangan, kacang polong dan lentil. 

Editor : Elvira Anna

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: