9 Buah Protein Tinggi Bagus untuk Orang Diet 

Dyah Ayu Pamela · Minggu, 28 Februari 2021 - 06:56:00 WIB
9 Buah Protein Tinggi Bagus untuk Orang Diet 
Buah dengan kandungan protein tinggi bagus untuk Anda yang sedang diet. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Saat membicarakan protein, sebagian besar orang akan berpikir tentang daging, makanan laut, kacang-kacangan dan telur. Ini membuat Anda yang tengah diet takut. 

Untuk menjaga keseimbangan tubuh, buah dengan kandungan protein tinggi menjadi alternatif terbaik untuk orang yang sedang diet. Apa sajakah itu? Berikut iNews.id rangkum Minggu (28/2/2021). 

1. Buah Nangka (protein 3 gram) 

Nangka merupakan buah tropis yang tekstur daging mentahnya sangat mirip daging babi yang ditarik. Satu porsi buah nangka mengandung tiga gram protein. 
Buah nangka juga memiliki kandungan manfaat kesehatan lainnya. Di antaranya tiga gram serat dan 110 miligram kalium penyehat jantung, kemudian vitamin A dan C, magnesium, kalsium, zat besi dan riboflavin (Cleveland Clinic). 

2. Jambu (protein 4 gram) 

Camilan tropis lainnya adalah jambu biji yang mengandung sekitar empat gram protein per porsi. Menjadikannya salah satu buah berprotein tinggi yang mudah Anda temukan. Buah super manis alami ini juga mengandung banyak vitamin C dan serat, terutama jika Anda memakan kulit dan bijinya yang sebenarnya tak masalah. 

3. Alpukat (Protein 3 gram) 

Anda mungkin sudah tahu bahwa alpukat adalah sumber lemak sehat yang sangat baik, tetapi tahukah bahwa alpukat juga mengandung tiga gram protein di setiap cangkirnya? Alpukat juga kaya serat, folat, magnesium, riboflavin, niasin dan vitamin C, E dan K. Kombinasi lemak dan seratnya akan membuat Anda kenyang juga. 

4. Blackberry (Protein 2 gram) 

Satu takaran blackberry mentah mengandung sekitar dua gram protein dan delapan gram serat. Anda juga akan menemukan hampir 50 persen dari asupan harian vitamin C yang direkomendasikan, ditambah tingkat tinggi antioksidan penangkal radikal bebas dan polifenol peningkat otak. 

5. Kiwi (Protein 2 gram) 

Satu takaran kiwi mengandung sekitar dua gram protein. Anda juga bisa mendapatkan manfaat kaya seratnya yang banyak mengandung vitamin C, kalium dan fosfor, serta zat besi. 

6. Cherry (Protein 1,6 gram) 

Camilan terlezat musim panas memiliki sekitar 1,6 gram protein per cangkir. Cherry adalah sumber kalium bagus, yang dapat mengatur tekanan darah dan penting untuk fungsi otot, serta memiliki banyak sifat antioksidan dan anti-inflamasi. 

Cherry juga kaya melatonin, yang dapat membantu Anda mendapatkan tidur malam yang nyenyak. Saat sedang tidak musim, Anda dapat membelinya dalam keadaan beku untuk dicampur menjadi smoothie. 

7. Kismis (Protein 1 gram) 

Kismis dalam jumlah kecil mengandung sekitar satu gram protein, ditambah begitu banyak kandungan serat dan potasium. Kismis juga memiliki jumlah zat besi yang cukup, yang dapat membantu mencegah anemia. 

8. Pisang (Protein 1,6 gram) 

Anda pernah mendengar bahwa pisang mengandung kalium tinggi? Makanlah satu untuk mengatasi kram kaki. Tetapi pisang juga mengandung sekitar 1,6 gram protein di setiap takaran. 

Pisang adalah sumber serat, prebiotik, vitamin A, B6 dan C, serta magnesium yang nyaman. Anda harus makan potongan-potongan berserabut. 

9. Jeruk Bali (Protein 1,3 gram) 

Satu takaran jeruk bali mengandung 1,3 gram protein. Seperti buah jeruk lainnya, buah ini kaya vitamin C yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh, serta kalsium dan zat besi untuk tulang. Menurut WebMD, asam sitrat dalam jeruk bali dapat mencegah batu ginjal karena mengikat kelebihan kalsium dalam tubuh.

Editor : Dyah Ayu Pamela