Anak Tidak Mau Makan Sayuran? Begini Trik Jitu dari Dokter Spesialis Gizi

Siska Permata Sari ยท Kamis, 18 Februari 2021 - 19:26:00 WIB
 Anak Tidak Mau Makan Sayuran? Begini Trik Jitu dari Dokter Spesialis Gizi
Sayuran baik dikonsumsi untuk tumbuh kembang anak. (Foto: Boldsky)

JAKARTA, iNews.id - Makanan dengan gizi cukup dan lengkap sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak. Salah satunya adalah sayur-sayuran yang mengandung banyak nutrisi penting untuk buah hati. Mulai dari vitamin A, vitamin E, vitamin C, potasium, asam folat, dan serat.

Sayangnya, tidak semua anak suka mengonsumsi sayur-sayuran. Hal ini tak jarang membuat para orangtua pusing dan bingung untuk mengajari anak suka makan sayuran.

Dokter Spesialis Gizi Klinik Dr dr Luciana B Sutanto, MS, SpGK mengatakan, ada trik-trik khusus untuk mengajari anak agar suka atau minimal mau mengonsumsi sayuran. Selain edukasi pada anak, pemilihan jenis sayuran juga tidak kalah penting.

“Untuk memperkenalkan sayuran, pilihlah jenis sayur yang rasanya agak manis. Karena kalau dari pertama sudah diperkenalkan sayuran yang rasanya pahit atau alot, kan jadi susah untuk dikonsumsi,” ujarnya dalam acara konferensi pers virtual, Kamis (18/2/2021).

Para orangtua juga perlu mengkreasikan menu makanan yang enak, agar si kecil mau mengonsumsi sayur-sayuran. “Masaklah dengan matang, pilihlah yang rasanya enak, empuk, dan agak manis,” ucapnya.

Editor : Tuty Ocktaviany

Halaman : 1 2