Ayo Indonesia Bergerak Sukses Ajak Warga Lawan Gaya Hidup Sedentari
“Ayo Indonesia Bergerak” terbukti mendukung program pemerintah, yaitu Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).
“Kampanye ‘Ayo Indonesia Bergerak’ adalah sebuah ajakan kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk melawan gaya hidup tidak aktif/sedentari. Kampanye ini tidak hanya menginsipirasi dan mendorong masyarakat Indonesia lebih aktif, namun sebagai bentuk komitmen Fonterra dan Anlene dalam menciptakan masyarakat Indonesia lebih kuat, lebih sehat, dan bahagia,” tutur Rohini Behl, Technical Marketing Advisor, Fonterra Brands Indonesia, Minggu 22 April 2018.
Rohini kembali mengatakan, “Kami sangat bangga dapat menyambut para peserta yang tergabung dalam estafet lari dan sepeda dari Yogyakarta ke Jakarta, serta merayakan bersama masyarakat Jakarta. Mereka menunjukkan bahwa kita dapat melakukan lebih, sehingga mengubah pendapat bahwa masyarakat Indonesia adalah masyarakat sedentari.”
Berdasarkan Riskesdas 2013, kata Drg. Kartini Rustandi, M.Kes, sebanyak 24 persen penduduk Indonesia menjalani gaya hidup sedentari lebih dari enam jam per hari. Hal ini mengkhawatirkan karena perilaku ini menjadi salah satu faktor penyebab kematian tertinggi di Indonesia dan dunia, termasuk di antaranya penyakit tidak menular seperti stroke, penyakit jantung, dan diabetes mellitus.
“Merespons isu ini, pemerintah Indonesia menginisiasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) untuk menciptakan masyarakat yang lebih sehat dengan mempromosikan aktivitas fisik 30 menit setiap hari, melakukan diet seimbang, dan memeriksakan kesehatan secara rutin,” katanya.
“Kami menilai isu ini sangat serius dan menyambut baik kolaborasi bersama seluruh pihak terkait untuk melawan sedentari. Oleh karena itu, kami mengapresiasi gerakan dari Fonterra Brands Indonesia yang telah menyemangati masyarakat Indonesia agar lebih aktif dan sehat,” ucapnya.