Bau Mulut saat Pakai Masker, Apa Penyebabnya?

Siska Permata Sari ยท Rabu, 29 Juli 2020 - 10:54 WIB
Bau Mulut saat Pakai Masker, Apa Penyebabnya?

Pakai masker untuk menghindari paparan virus corona. (Foto: AFP)

JAKARTA, iNews.id - Pakai masker saat keluar rumah adalah hal yang penting untuk mencegah penularan virus corona baru (Covid-19). Tetapi saat mengenakan masker, ada saja gangguan yang dirasakan, salah satunya bau mulut.

Bau mulut memang lebih terasa ketika Anda mengenakan masker. Tetapi, itu bukan menjadi alasan untuk tidak mengenakan masker. Sebaiknya, kenali penyebabnya dan lakukan pencegahan untuk menghindari bau mulut yang mengganggu aktivitas Anda saat mengenakan masker.

Nah, apa saja penyebab bau mulut? Simak penjelasannya seperti dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (29/7/2020).

Teknik menyikat gigi yang salah

Teknik menyikat gigi yang tidak tepat menyebabkan banyak masalah gigi, termasuk bau mulut. Oleh sebab itu, bersihkan gigi Anda dengan pasta gigi berfluoride dua kali sehari. Pastikan sela-sela gigi Anda bersih dari sisa-sisa makanan yang mungkin tertinggal.

Mengonsumsi makanan dan minuman tertentu

Makanan dan minuman yang Anda konsumsi turut andil dalam menimbulkan masalah bau mulut. Di antaranya saja kopi, bawang, dan makanan-makanan berbau, serta camilan manis-manis yang bisa menempel di gigi.

Oleh karena itu, pilihlah makanan yang ramah untuk gigi seperti sayuran dan buah-buahan.

Merokok

Bukan rahasia lagi bahwa rokok bisa menyebabkan bau mulut. Cara satu-satunya untuk mengatasi bau mulut karena merokok adalah mulai berhenti merokok.

Mulut kering atau kurang minum air

Kurangnya hidrasi bisa menyebabkan mulut Anda kering, dan inilah yang bisa menyebabkan bau mulut. Cara paling mudah untuk mengatasinya adalah minum air yang cukup, sehingga tubuh terhidrasi dan terhindar dari bau mulut.

Editor : Tuty Ocktaviany