Benarkah Konsumsi Gula Kebanyakan Bisa Kena Penyakit Jantung? Ini Penjelasan Ahli

Sukardi ยท Selasa, 27 September 2022 - 10:44:00 WIB
Benarkah Konsumsi Gula Kebanyakan Bisa Kena Penyakit Jantung? Ini Penjelasan Ahli
Ilustrasi minuman dengan kandungan tinggi gula. (Foto: istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Konsumsi minuman atau makanan dengan kandungan gula berlebih menjadi topik hangat belakangan di masyarakat. Alhasil sekarang banyak orang yang sadar bahwa konsumsi gula pada orang dewasa tidak boleh lebih dari 4 sendok makan per orang per hari.

Dijelaskan di website Kementerian Kesehatan, konsumsi gula berlebih menyebabkan masalah kesehetan, salah satunya adalah diabetes. Selain itu, kadar gula dalam darah yang tinggi juga bisa menyebabkan disfungsi ereksi.

Selain diabetes, ternyata banyak orang beranggapan bahwa tinggi gula dalam darah bisa sebabkan penyakit jantung. Apakah pernyataan itu benar?

Menurut Dokter Spesialis Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah Heartology Cardiovascular Center dr Radityo Prakoso, Sp.JP(K) konsumsi gula berlebih tidak secara langsung sebabkan masalah pada jantung. Meski begitu, tetap disarankan konsumsi gula dalam takaran yang aman.

"Penggunaan gula berlebih yang dicampur ke dalam es teh tidak ada hubungan langsung dengan kesehatan jantung," kata dr Radityo dalam keterangan resminya yang diterima wartawan, Selasa (27/9/2022).

Editor : Elvira Anna

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda