Benarkah Minum Susu Membuat Tubuh Menjadi Gemuk?

Diaz Abraham ยท Sabtu, 21 September 2019 - 09:00 WIB
Benarkah Minum Susu Membuat Tubuh Menjadi Gemuk?

Peluncuran Cimory Yolite C+ di Plaza Senayan, Jakarta, Kamis (19/9/2019). (Foto: iNews.id/Diaz Abraham).

JAKARTA, iNews.id - Banyak orang beranggapan mengonsumsi susu dapat membuat tubuh menjadi gemuk. Mereka cenderung menghindari karena dalam susu terkandung lemak tinggi sehingga berpikiran akan menambah berat badan. Benarkah demikian?

Pemerhati gizi dr Haekal Anshari menepis anggapan tersebut. Menurut dia, penyebab utama kegemukan yakni pola hidup tidak aktif. Selain itu berlebihan dalam mengonsumsi makanan.

“Sebetulnya penelitian menunjukan bahwa karena protein pada susu akan membuat orang merasa kenyang sehingga menghindarkan dari makan berlebihan. Jadi yang bikin gemuk asupan makanan berlebihan dan pola hidup tidak aktif,” katanya dalam acara peluncuran Cimory Yolite C+ di Plaza Senayan, Jakarta, Kamis (19/9/2019).

Selain takut gemuk, banyak orang dewasa yang tidak menyukai susu karena terjadi intolerasi laktosa dalam tubuhnya. Hal ini disebabkan karena ketika beranjak dewasa banyak orang berhenti untuk meminum susu.

Namun kini masyarakat tidak usah cemas karena produk olahan susu telah banyak beredar dalam berbagai bentuk, terutama yoghurt. Produk fermentasi dari susu ini memiliki kandungan dan bakteri baik layaknya susu.

“Karena yoghurt mengandung bakteri baik seperti asam laktat yang dihasilkan oleh bakteri lactobacillus dan streptococcus, kadar laktosa jadi turun. Karenanya, bisa dikonsumsi untuk mereka yang ada intoleran terhadap laktosa. Asam laktat juga membantu pencernaan,” ujarnya.

Kehadiran yoghurt di masyarakat sangat membantu kesehatan masyarakat, apalagi dengan diluncurkannya produk Cimory Yolite C+. Minuman yoghurt ini memiliki kelebihan lain yakni adanya kandungan vitamin c dalam tiap kemasan.

Minuman ini sangat cocok bagi anak muda dengan segudang aktivitas karena vitamin c dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu berguna untuk merawat kulit karena mengandung antioksidan, bahkan antikanker.


Editor : Zen Teguh