Bermain Bisa Menjadi Coping Stress Buat Anak-Anak, Ini Penjelasan Psikolog

Siska Permata Sari ยท Rabu, 22 Juli 2020 - 14:30 WIB
Bermain Bisa Menjadi Coping Stress Buat Anak-Anak, Ini Penjelasan Psikolog

Anak bisa juga mengalami stres. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Banyak hal yang tak disadari orangtua ketika anak sedang bermain. Tidak sekadar mengisi waktu luang, bermain dapat bermanfaat bagi tumbuh kembang anak melalui stimulasi hingga dapat dijadikan sebagai coping stress.

Apalagi di tengah masa pandemi virus corona baru (Covid-19), di mana saat ini anak-anak harus lebih banyak di rumah, termasuk menjalani sekolah virtual.

“Anak-anak bukan berarti mereka selalu happy di rumah, tapi mereka juga bisa stres. Ketika dia terus-terusan ditekan dengan tuntutan, mereka ibarat karet yang ditegangkan. Ketika hal ini terjadi terus-menerus, maka akan menjadi tidak efektif,” ujar Psikolog Anak dan Keluarga Anna Surti Ariani dalam konferensi pers virtual, Rabu (22/7/2020).

Oleh sebab itu, anak-anak membutuhkan waktu untuk bermain sebagai coping stress agar kesehatan mentalnya tetap baik.

“Coping stress adalah proses menenangkan diri menggunakan cara bermain. Ini adalah proses untuk mengekpresikan emosinya secara sehat, sehingga emosinya itu tidak dipendam dan menjadi beban mental,” tulisnya.

Selain itu, bermain juga melatih banyak hal pada anak-anak. Mulai dari stimulasi motorik kasar dan halus, menambah wawasan tentang mengatasi masalah, melatih bersosialisasi dengan teman sebaya, hingga pengembangan karakter.

“Sangat penting bagi anak untuk mengembangkan karakter ini dan semuanya bisa dilakukan dalam proses bermain,” tuturnya.

Editor : Tuty Ocktaviany