Bunda, Sentuhan Skin to Skin dengan Buah Hati Ternyata Bisa Memperlancar ASI lho!

Siska Permata Sari · Sabtu, 01 Mei 2021 - 07:00:00 WIB
Bunda, Sentuhan Skin to Skin dengan Buah Hati Ternyata Bisa Memperlancar ASI lho!
Ada berbagai cara untuk merangsang produksi ASI. (Foto: breastfeeding tips)

JAKARTA, iNews.id - Air susu ibu (ASI) merupakan sumber makanan yang sangat penting bagi buah hati. ASI mengandung beragam komponen penting untuk bayi. Mulai dari air, protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral, zat antibodi, dan enzim. 

Beragam kandungan ASI itu tentu sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang si kecil. Oleh karenanya, ASI sering disebut-sebut dapat mengurangi risiko bayi terkena penyakit tertentu. Misalnya, diare, ISPA, pneumonia, asma, obesitas, dan diabetes.

Namun, ada kalanya, sebagian perempuan merasa kesulitan untuk memberikan ASI kepada buah hatinya. Nah, oleh karena itulah pentingnya sentuhan dari kulit ke kulit (skin to skin) antara ibu dan bayi. Lantas, apa hubungannya?

Dokter spesialis anak sekaligus konselor laktasi dr Wiyarni Pambudi, SpA, IBCLC, mengatakan, ada empat kondisi yang bisa memicu produksi ASI seorang mamsi. Salah satunya adalah, ibu dan bayi harus melakukan kontak kulit ke kulit sesering mungkin karena hal tersebut sangat merangsang produksi ASI.

“Cara menyusui yang optimal justru dimulai di 1-7 hari awal bayi lahir. Di rumah sakit sebaiknya ibu dan bayinya tidak dipisahkan sehingga bisa sering melakukan kontak kulit ke kulit. Dengan begitu si ibu bisa mendapat stimulasi untuk memproduksi ASI dan bayi bisa mendapatkan ASI setiap saat ingin menyusu,” kata dr Wiyarni Pambudi dalam acara ‘HUT ASIMOR ke-1 bertajuk FESTIVAL 100% ASIMOR’, belum lama ini.

Editor : Dyah Ayu Pamela

Halaman : 1 2