Canangkan Program Kampus Sehat, Menkes Terawan Tekankan Pentingnya Terapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Rizqa Leony Putri · Sabtu, 21 November 2020 - 14:20:00 WIB
Canangkan Program Kampus Sehat, Menkes Terawan Tekankan Pentingnya Terapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat
Kemenkes canangkan Program Kampus Sehat. (Foto: iNews.id/Rizqa Leony)

Seperti diketahui, program Kampus Sehat merupakan upaya untuk menciptakan kampus sebagai lingkungan yang mendukung mahasiswa dan sivitas akademika beraktivitas di dalam kampus dengan kondisi sehat. Hal itu disampaikan oleh Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan, Kirana Pritasari.

"Pandemi ini memberikan hikmah untuk lebih mendorong menerapkan perilaku hidup sehat baik dari dalam maupun luar kampus. Komitmen 20 perguruan tinggi menerapkan program kampus sehat adalah semangat luar biasa dari lembaga pendidikan," kata Kirana.

"Kita tidak ingin sebagai manusia produktif setelah lulus menjadi SDM yang tidak optimal karena tidak sehat, sebab kampus tidak menerapkan perilaku bersih dan sehat" ujar Kirana.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Nizam menuturkan bahwa sejatinya kampus yang sehat harus diwujudkan demi melahirkan SDM yang unggul. Hal itu dapat diwujudkan, utamanya melalui perilaku hidup bersih dan sehat.

"Kampus yang sehat baik jasmani, mental, spiritual, dan lingkungan aman serta nyaman harus diwujudkan untuk melahirkan SDM unggul dalam meraih peluang bonus demografi yang membawa Indonesia yang maju dan masyarakat makmur," ujar Nizam.

"Perilaku hidup bersih dan sehat yang harus dikedepankan terutama menghadapi pandemi. Mari bersama-sama mewujudkan kampus sehat dan masyarakat sehat," katanya.

Editor : Tuty Ocktaviany