Tahapan Cara Memandikan Kucing yang Benar di Rumah

Dyah Ayu Pamela ยท Rabu, 27 Januari 2021 - 21:58:00 WIB
Tahapan Cara Memandikan Kucing yang Benar di Rumah
Memandikan kucing tidak terlalu susah. (Foto: Proudcatsowners)

JAKARTA, iNews.id – Cara memandikan kucing sebenarnya mudah. Anda pun tidak perlu selalu pergi ke Pet Shop untuk memandikan binatang kesayangan tersebut di rumah. 

Makhluk yang lucu menggemaskan ini pun akan lebih terlihat bersih dengan beberapa langkah berikut. Simak ulasannya, seperti dirangkum iNews.id pada Rabu (27/1/2021).

1.  Pilih waktu yang tepat

Pertama-tama, cara memandikan kucing yang tepat dengan memilih waktunya. Anda harus memastikan kucing dalam keadaan senang, rileks dan kondisi perutnya tidak dalam keadaan kosong. Sebelumnya Anda bisa memberi makan terlebih dahulu ketika akan memandikan kucing kesayangan. Tunggu saat suasana hatinya baik baru agar siap dimandikan.

Idealnya kucing dimandikan seminggu sekali. Tapi, sebaiknya jangan terlalu sering. Lain halnya jika kucing Anda tampak kotor dan terlihat banyak kutu ditubuhnya. Jangan tunggu waktu, segera mandikan kucing sebelum kutu berkembang biak.

2.  Siapkan air hangat

Selanjutnya, cara memandikan kucing yang benar adalah dengan menggunakan air hangat. Mengapa air hangat? Sebab, kucing sangat sensitif dengan air dingin. Saat menggunakan air hangat untuk membersihkan tubuhnya, kucing akan merasa lebih nyaman. Kucing kesayangan Anda pun tidak akan berontak saat dimandikan. 

Jangan lupa juga untuk menyediakan tempat berpijak yang aman saat memandikannya, agar Anda tidak terpeleset saat memandikan kucing.

3.  Gunakan sampo khusus kucing

Jangan lupa untuk memastikan penggunaan sampo khusus kucing. Sampo jenis ini bisa Anda dapatkan di Pet Shop terdekat. Mengapa sampo khusus kucing? Karena biasanya sampo khusus ini memiliki bahan kandungan yang ringan. Dibuat tanpa menggunakan bahan kimia maupun parfume. 

Perlu diingat, jangan pernah gunakan sampo manusia. Sebab, sampo manusia memiliki tingkat pH yang berbeda dan sebenarnya sama sekali tidak cocok untuk bulu kucing. Selain itu jika memakai sampo manusia, dikhawatirkan akan membuat bulu kucing Anda rontok.

Editor : Tuty Ocktaviany

Halaman : 1 2