Tahapan Cara Memandikan Kucing yang Benar di Rumah

Dyah Ayu Pamela ยท Rabu, 27 Januari 2021 - 21:58:00 WIB
Tahapan Cara Memandikan Kucing yang Benar di Rumah
Memandikan kucing tidak terlalu susah. (Foto: Proudcatsowners)

4.  Basahi tubuh kucing

Jangan langsung menyiram kucing dengan gayung sehingga dia ketakutan. Namun, sedikit demi sedikit basahi tubuhnya dengan air hangat. Perlu diingat juga agar tidak mengenai langsung ke telinga, mata, maupun hidungnya. Perlakukan kucing Anda dengan kasih sayang agar dia tidak berontak ataupun mencakar Anda. 

5.  Oleskan sampo ke tubuh kucing

Setelah tubuh kucing basah, oleskan sampo khusus kucing. Anda juga bisa menggunakan kain lap seperti juga spoons untuk digosokkan pada tubuh kucing. Perlahan gosokkan ke tiap bagian hingga ekor, leher, dan kakinya. Jangan sampai mengenai bagian telinga, sebab binatang lucu ini tidak suka air masuk ke bagian dalam telinga seperti juga manusia. 

Saat kucing Anda agak ketakutan ketika dimandikan, cobalah untuk memberikan kasih sayang dengan mengelus lembut kucing supaya dia menjadi tenang.  

6.  Bilas air hangat

Kemudian cara memandikan kucing berikutnya adalah membilas badan kucing dan bulunya yang sudah disabuni dengan air hangat. Bilaslah dengan perlahan dan penuh kasih sayang agar kucing Anda tidak merasa takut maupun panik. Pastikan lagi agar tidak mengenai bagian sensitif seperti mata, hidung, maupun telinganya. 

7.  Keringkan dengan handuk

Cara memandikan kucing setelah dibilas air hangat adalah mengeringkannya dengan handuk. Gosok kucing Anda mulai dari kepala hingga kaki dengan handuk yang lembut. Setelahnya, keringkan kucing di ruangan yang hangat dan jangan biarkan dia keluar hingga benar-benar kering. Untuk mengeringkan bulu-bulunya, Anda juga bisa menggunakan pengering rambut. Anda bisa menjemurnya di bawah sinar matahari dengan keranjang kucing.

8.  Beri kasih sayang

Cara memandikan kucing yang benar sudah selesai. Tambahkan usap lembut dan kasih sayang ke kucing Anda supaya binatang menggemaskan ini merasa rileks lagi dan tidak takut kalau Anda ingin memandikannya lagi.

Editor : Tuty Ocktaviany