5 Cara Menghilangkan Ketombe Tak Kunjung Hilang, Coba Atasi Pakai Ini

Rizqa Leony Putri · Selasa, 24 November 2020 - 17:46:00 WIB
5 Cara Menghilangkan Ketombe Tak Kunjung Hilang, Coba Atasi Pakai Ini
Ketombe tak kunjung hilang bisa sangat mengganggu. (Foto: Boldsky)

JAKARTA, iNews.id - Ketombe merupakan salah satu gangguan pada rambut yang menjadi masalah bagi banyak orang. Selain merasa tak nyaman, ketombe juga membuat seseorang mengalami penurunan rasa percaya diri.

Ketombe merupakan serpihan kulit berwarna putih atau keabuan yang dapat muncul pada rambut. Ketombe disebabkan karena pertumbuhan dan kerontokan sel kulit yang terlalu cepat karena adanya gangguan kelenjar penghasil minyak pada kulit kepala.

Gangguan itulah yang menyebabkan kulit kepala akhirnya menghasilkan minyak secara berlebihan. Meski tidak menular, ketombe sebaiknya segera diatasi.

Berikut beberapa cara mengatasi ketombe pada kulit kepala, dilansir dari Brightside, Selasa (24/11/2020).

1. Cuka sari apel

Cuka sari apel memiliki kandungan asam yang dapat mengubah pH kulit kepala. Hal itu juga dapat membuat jamur menjadi lebih sulit untuk tumbuh. Terlebih dahulu camputkan cuka sari apel dengan air dengan perbandingan yang sama.

Setelah selesai mencuci rambut, gunakan campuran tersebut dengan cara dipijat ke dalam kulit kepala. Setelah itu, biarkan terlebih dahulu selama 15 menit lalu bilas hingga bersih.

2. Minyak kelapa

Minyak ini memiliki kandungan antijamur yang dapat membantu menghilangkan ketombe. Tak hanya itu, minyak kelapa juga mengandung asam laurat, kaprilat, dan kaprat yang bermanfaat untuk menyehatkan rambut yang rusak.

Terlebih dahulu panaskan minyak kelapa yang jumlahnya sesuai dengan panjang rambut yang akan dioleskan. Setelah itu, gosokkan minyak ke kulit kepala dan rambut selama lima menit. Biarkan semalaman, lalu bilas dengan sampo biasa di pagi hari.

3. Minyak pohon teh

Mungkin tak banyak yang tahu jika minyak pohon teh mengandung antibakteri dan antijamur. Hal ini tentunya baik untuk menghilangkan ketombe pada kulit kepala.

Minyak ini dapat dicampurkan dengan sampo yang biasa digunakan. Sekitar 8-10 tetes minyak pohon teh dalam botol sampo 200 ml. Dapat pula mencampurkan seperempat bagian minyak kelapa atau almond dengan 15 tetes minyak pohon teh.

Editor : Tuty Ocktaviany

Halaman : 1 2