5 Cara Mengobati Miss V Lecet dan Perih, Kompres Es Batu hingga Minum Obat Pereda Nyeri

Intan Afika Nuur Aziizah · Selasa, 25 Januari 2022 - 14:56:00 WIB
5 Cara Mengobati Miss V Lecet dan Perih, Kompres Es Batu hingga Minum Obat Pereda Nyeri
Cara Mengobati Miss V Lecet dan Perih (ilustrasi). (Foto: istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Cara mengobati Miss V lecet dan perih perlu diketahui oleh para kaum hawa. Umumnya hal ini terjadi setelah mencukur rambut di area kemaluan, berhubungan intim dan melahirkan.

Luka pada vagina ini tentunya dapat mengganggu aktivitas dan menimbulkan ketidaknyamanan lantaran diiringi rasa pedih, sakit, atau pendarahan, terutama ketika Anda sedang buang air kecil. Nah, berikut iNews.id rangkum 5 cara mengobati Miss V lecet dan perih dikutip dari Medical News Today, Selasa (25/1/2022).

Cara mengobati Miss V lecet dan perih

Saat vagina lecet, Anda bisa melakukan beberapa cara untuk mencegah bertambah parahnya atau terinfeksinya luka di vagina dengan cara-cara berikut:

1. Pastikan miss v benar-benar kering sebelum berpakaian

Cara mengobati miss v lecet dan perih  yang pertama adalah perhatikan Miss V benar-benar kering sebelum berpakaian. Kemudian, gunakan celana dalam yang berbahan katun dengan bagian bawah yang longgar hingga luka di bagian vagina sembuh.

2. Rutin membersihkan Miss V

Cara mengobati miss v lecet dan perih selanjutnya adalah rutin membersihkan Miss V. Luka dapat membuat kuman lebih mudah masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan infeksi. Menjaga area sekitar luka vagina tetap bersih dan kering dapat membantu mencegah infeksi kulit.

Oleh karena itu, Anda harus rutin mencuci Miss V dengan air hangat sebanyak sekali atau dua kali per harinya. Jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 15-30 detik sebelum menyentuh luka. Kemudian, hindari penggunaan sabun yang beraroma atau yang keras pada alat kelamin.

3. Kompres dengan es 

Cara mengobati miss v lecet dan perih berikutnya yaitu kompres. Es batu sudah sejak lama digunakan untuk meredakan pembengkakan dan peradangan, termasuk luka pada miss v. Caranya, Anda hanya perlu mengompres daerah yang bengkak atau sakit dengan handuk basah atau es yang sudah dibungkus dengan handuk selama 10–15 menit. 

4. Konsumsi obat pereda nyeri

Cara mengobati miss v lecet dan perih lainny yaitu dengan mengkonsumsi obat pereda nyeri. Bila luka di vagina terasa terlalu sakit atau membuat tidak nyaman, Anda bisa mengonsumsi obat anti nyeri di apotek, seperti acetaminophen atau ibuprofen. Jangan olesi krim antibiotik tanpa arahan dari dokter.

5. Konsultasi ke dokter

Cara mengobati miss v lecet dan perih yang terakhir dengan konsultasi ke dokter. Luka atau robekan kecil pada vagina umumnya tidak berbahaya dan biasanya sembuh dengan cepat tanpa pengobatan. Namun, luka atau robekan yang lebih parah dapat menyebabkan komplikasi, seperti kehilangan banyak darah dan infeksi.

Jika luka di vagina Anda tidak kunjung sembuh atau malah bertambah parah hingga menimbulkan gejala lain, seperti cairan amis dari vagina, bisul, dan sebagainya, segera kunjungi dokter untuk menjalani pemeriksaan dan penanganan yang tepat.

Editor : Dyah Ayu Pamela

Bagikan Artikel: