Cara Mengobati Panas Dalam yang Tak Kunjung Sembuh, Ternyata Gampang!

Muhammad Sukardi · Kamis, 30 Juni 2022 - 08:30:00 WIB
Cara Mengobati Panas Dalam yang Tak Kunjung Sembuh, Ternyata Gampang!
Ilustrasi panas dalam. (Foto: istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Panas dalam kerap dialami banyak orang, khususnya saat memasuki pancaroba. Panas dalam adalah kondisi yang membuat tenggorokan terasa tidak nyaman dan bisa terjadi dalam beberapa hari. Karena itu, cara mengobati panas dalam tak kunjung sembuh perlu diketahui masyarakat. 

Panas dalam yang dibiarkan tanpa penanganan pengobatan bisa membuat Anda sulit beraktivitas. Sakit tenggorokan hingga saluran cerna akan terasa tidak nyaman selama berhari-hari. 

Gejala panas dalam sendiri antara lain iritasi tenggorokan, yang mana ini kebanyakan kasusnya disebabkan makanan atau minuman panas, paparan polusi udara dan penggunaan suara yang berlebihan. 

Selain itu, panas dalam juga kerap menyebabkan infeksi saluran pernapasan atas. Ini ditandai dengan hidung tersumbat, batuk, atau demam yang berlangsung 2-3 hari. 

Bahkan, pada kasus khusus panas dalam bisa menyebabkan asam lambung naik. Makanya, bisa muncul rasa tidak nyaman di dalam perut, seperti rasa panas atau perih di ulu hati ataupun rasa tercekik di tenggorokan. 

Jika gejala itu sedang Anda alami dan belum juga kunjung sembuh, ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk menangani situasi tersebut. Apa saja? 

Dilansir dari laman From Healthy, Kamis (30/6/2022), berikut cara mengobati panas dalam tak kunjung sembuh:

1. Istirahat yang cukup dan hindari paparan asap rokok

Jadi, dalam proses pemulihan panas dalam Anda diminta untuk banyak istirahat dan jauhi diri dari paparan asap rokok. Tidur yang cukup akan meningkatkan imunitas tubuh dan dengan begitu kondisi badan bisa membaik setelahnya. 

2. Minum air putih yang cukup

Minum air putih yang cukup adalah cara simple tapi amat bermanfaat untuk mengatasi panas dalam. Mengonsumsi banyak air putih memungkinkan tenggorokan tidak dehidrasi yang malah bisa memperburuk panas dalam. 

"Anda boleh menambahkan madu ke dalam air minum untuk memberi tambahan manfaat," terang laman kesehatan tersebut. 

Editor : Elvira Anna

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda