Cegah Pasien Berobat ke Luar Negeri, RS Berinovasi Tingkatkan Fasilitas Kesehatan!
JAKARTA, iNews.id - Tren pasien berobat ke luar negeri menjadi perbincangan hangat di kalangan dunia kesehatan Tanah Air. Bahkan, ada sekitar satu juta masyarakat Indonesia memilih berobat ke Malaysia, 750 ribu berobat ke Singapura dan sisanya berobat ke Jepang, Amerika Serikat hingga Jerman.
Dengan adanya fenomena tersebut, rumah sakit di Indonesia makin meningkatkan pelayanan kesehatan untuk menarik pasien berobat di dalam negeri. Sebab, rumah sakit dengan pelayanan kesehatan terbaik dan didukung teknologi canggih tentunya akan membuat masyarakat nyaman dan percaya.
Ya, hal tersebut yang terus dilakukan oleh RS Bethsaida Hospital Gading Serpong, dengan melakukan peningkatan fasilitas dan layanan kesehatan. Peningkatan ini mencakup revitalisasi area pelayanan dan pengadaan teknologi medis canggih yang bertujuan untuk menghadirkan pengalaman yang lebih baik bagi pasien dan pengunjung.
M. Nawawi, Presiden Direktur PT. Bethsaida Hospital International, mengatakan, saat ini industri kesehatan di Indonesia semakin dituntut untuk berinovasi dan berkembang demi memenuhi kebutuhan masyarakat yang juga semakin sadar akan pentingnya kesehatan.
Apalagi kata Nawawi, beberapa waktu lalu Presiden Joko Widodo menyatakan Indonesia kehilangan devisa negara hingga Rp170 triliun per tahun karena tingginya angka masyarakat yang berobat keluar negeri. Di
"Hal ini menjadi motivasi Bethsaida Hospital untuk menyediakan layanan kesehatan mutakhir agar masyarakat tidak perlu jauh-jauh lagi keluar negeri untuk berobat. Kami berkomitmen akan terus berinovasi dan berinvestasi dalam bidang kesehatan. Tidak hanya itu, kami juga telah memiliki perencanaan jangka Panjang untuk 5 tahun ke depan mengenai pengembangan-pengembangan apa saja yang akan dilakukan," kata Nawawi melalui keterangannya belum lama ini.
Dr Pitono Yap, Direktur Bethsaida Hospital, mengungkapkan, pembaharuan fasilitas dan teknologi medis yang dilakukan, bertujuan untuk memberikan diagnosis medis yang lebih tepat dan akurat, sehingga bisa meningkatkan angka kesembuhan pasien melalui penanganan medis yang sesuai dengan keluhan atau penyakit yang dialami.
"Tidak hanya bagi pasien, teknologi-teknologi canggih yang kami adakan mulai dari CT Scan 512 Slice, Mobile X-Ray, C-Arm & Cath Lab, juga membantu para dokter untuk memberikan penegakan diagnosis dalam memberikan penanganan yang tepat bagi pasien," kata dr Pitono.
Menurutnya, pelayanan kesehatan yang paripurna, haruslah menyeluruh. Melalui pengadaan alat medis canggih, revitalisasi area pelayanan umum dan juga penyempurnaan Center of Excellence. "Kami yakin dapat membantu pemerintah dalam penyediaan layanan kesehatan yang mumpuni dan merata khususnya di area Tangerang, Banten dan sekitarnya," ujarnya.
Iwan A. Setiawan, selaku VP Bethsaida Hospital menambahkan, dia memiliki komitmen untuk memberikan pelayanan Kesehatan terbaik bagi pasien secara menyeluruh. Salah satunya dengan adanya kolaborasi bersama asuransi-asuransi rekanan, terkait kendali mutu dan biaya untuk perawatan pasien di Bethsaida Hospital.
"New Look of Bethsaida Hospital kami dedikasikan bagi pasien dan pengunjung, sehubungan dengan semakin meningkatnya volume pasien dan tren kebutuhan akan penanganan penyakit yang semakin spesifik, sehingga perlu adanya pusat layanan unggulan yang optimal dan fasilitas-fasilitas khusus lainnya," katanya.
Perlu diketahui, Bethsaida Hospital telah melakukan perubahan signifikan pada beberapa area pelayanan, termasuk area Main Lobby yang kini memiliki konsep layaknya hotel bintang lima. Dengan kapasitas ruang tunggu yang lebih luas dan nyaman, serta dilengkapi dengan teknologi digital seperti Interactive Digital Kiosk untuk pendaftaran mandiri pasien rawat jalan, rumah sakit ini berupaya untuk meningkatkan kenyamanan pasien.
Selain itu, terdapat fasilitas VIP Lounge dengan ruang tunggu eksklusif yang memiliki tingkat privasi tinggi berkat adanya akses Face Recognition di setiap pintu. Peningkatan fasilitas ini menunjukkan komitmen rumah sakit untuk memberikan pelayanan kesehatan berkualitas tinggi.
Di sisi teknologi medis, rumah sakit ini mengumumkan pengadaan alat diagnostik canggih seperti CT Scan Revolution Apex Elite 512 Slice, pertama di Indonesia. Alat ini mampu menghadirkan gambar organ tubuh dengan resolusi tinggi untuk diagnosis yang tepat. Selain itu, alat Mobile X-Ray AMX Navigate yang dilengkapi dengan teknologi kecerdasan buatan (AI) memungkinkan diagnosis pasien yang tidak dapat dipindahkan. Pengadaan alat C-Arm OEC Elite dan Cath Lab Allia IGS 520 with Autoright dengan sistem canggih dan teknologi AI juga menegaskan komitmen Bethsaida Hospital terhadap kualitas dan akurasi dalam prosedur medis.
Norman Daulay, Direktur yang menangani Pengembangan Bethsaida Hospital, menambahkan, seluruh proses pembangunan yang dilakukan oleh Bethsaida Hospital sudah direncanakan sebaik mungkin dengan konsep yang matang, bukan hanya untuk tujuan estetika, tapi juga dalam hal fungsi ruang serta optimalisasi sirkulasi untuk memastikan hasil yang dicapai dapat dirasakan manfaatnya bagi seluruh pasien dan pengunjung.
*Untuk memberikan pengalaman yang baik, konsep revitalisasi yang kami sediakan juga lebih menyerupai hotel dibandingkan dengan hospital pada umumnya. Tidak hanya area pelayanan umum, kami juga telah melakukan inovasi pada konsep pelayanan di Center of Excellence Bethsaida Hospital dengan menganut sistem Cluster-ing, yaitu layanan dan alur pasien yang sudah tersentralisasi pada satu area yang sama," ujar dia.
Editor: Vien Dimyati